alexa

DETAIL NEWS

Jalan Berlubang, Hindari Tanpa Lakukan Pengereman Mendadak

Date : 02 Desember 2017 , Post Via : adit, Views : 2453

Jalanan rusak dan berlubang selalu menjadi pemandangan rutin pasca hujan deras atau pun banjir. Untuk itu, para pengendara sepeda motor wajib waspada dan memperhatikan cara berkendara yang benar agar tidak terjadi kecelakaan.

Saat menemui jalan berlubang, memang membutuhkan skill khusus. Tapi hal ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Menurut Jusri Pulubuhu, instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan perlu adanya sikap antisipatif.

Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu kecepatan dan meningkatkan kewaspadaan. Salah satu contohnya adalah jangan melakukan perlambatan ekstrim atau mengerem secara mendadak saat menemui jalan berlubang.

Jusri menambahkan ketika melakukan rem mendadak, maka ban akan terkunci. Hal ini bisa menyebabkan ban slip dan pengendara motor bisa kehilangan kendali hingga terjatuh.

Lebih bahaya lagi ketika kondisi tersebut juga melibatkan pengendara lainnya. “Efek rem mendadak saat jalanan ramai justru menambah masalah, karena bisa mengakibatkan tabrakan beruntun," kata Jusri seperti dikutip dari Otomotifnet.com

Nah, sebaiknya lakukan pengereman secara bertahap agar ban tidak terkunci dan motor bisa lebih mudah dikendalikan. Jika tidak sempat menghindari lubang, maka ketika roda depan menyentuh bibir lubang jangan mengerem.

Fungsinya adalah agar benturan lebih ringan dan efeknya tidak terasa di setang sehingga motor akan tetap bisa dikendalikan. Selamat mencoba Feders. (federaloil.co.id)