alexa

DETAIL NEWS

Valentino Rossi Ditantang Motobot, Robot Yang Bisa Kendarai Yamaha YZF-R1M

Date : 24 Agustus 2016 , Post Via : adit, Views : 5975



 

"Aku diciptakan untuk mengungguli anda," begitu kira-kira penggalan suara dari Motobot, robot buatan Yamaha Jepang ketika bertemu dengan Valentino Rossi. Ya, juara dunia 9 kali di MotoGP ini memang menjadi 'target operasi' diciptakannya Motobot.

Tak dijelaskan secara rinci kapan Motobot mulai dikerjakan, yang pasti saat ini sudah berjalan 60% lebih dan telah dilakukan uji coba dihadapan media sebanyak dua kali. Pada pengujian pertama Motobot hanya melaju dijalur lurus dan melewati jalan bergelombang, saat itu tahun 2013. Dan kedua kali di tes yaitu Mei lalu di trek Yamaha dengan disuguhkan jaur berbelok.


 

Motobot sendiri di desain layaknya manusia sedang membungkuk diatas sepeda motor, mirip  dengan gayanya Rossi ketika sedang memacu motor balapnya. Hebatnya, robot ini memang didesain untuk mengendarai motor standar, terdapat pergelangan tangan dan jari di area throttle dan tuas rem depan dan kopling, juga di area foot step kaki kanan dan kiri berfungsi layaknya manusia.

Ketika pengujian, ditambahkan roda ketiga dan keempat untuk jaga-jaga bilamana Motobot tidak mulus dalam berbelok, nyatanya hal tersebut tidak terjadi. Motobot dapat melaju dengan mulus bahkan ketika melakukan manuver.

Tujuan dari proyek ini, Motobot dapat  mengendari motor tanpa melakukan perubahan pada kendaraan. Selanjutnya sedang dikerjakan bagaimana caranya agar Motobot mampu melesat 320 km/jam.


 

Rossi yang pertama kali melihat Motobot dalam tayangan Video jelas terpana melihat ada robot yang dapat mengendarainya, makin kaget ketika robot itu menantangnya. Rancananya, 'duel' antara Rossi dan Motobot akan dilakukan tahun 2017 mendatang.

Dasar Rossi, ditantang oleh Motobot, ia langsung menandatangani helm sang Motobot dengan kalimat 'Forza Motobot !'. (federaloil.co.id)