alexa

DETAIL NEWS

Fadli Lakukan Modifikasi di CBR600RR, Siap Kembali Ke Sirkuit ?

Date : 23 Agustus 2016 , Post Via : adit, Views : 9821



 

Insiden di sirkuit Sentul, Jawa Barat tahun 2015 lalu pada salah satu seri Asia Road Racing Championship (ARRC) merupakan kecelakaan terparah yang dialami pebalap kebanggaan Indonesia, M.Fadli. Pasca insiden tersebut, karier balap pemilik nama Muhammad Fadli Imamudin harus terhenti karena dirinya harus menjalani pengobatan intensif pada kaki kirinya.

Begitunya semangat ayah dari Muhammad Ali Imamudin ini tidak pernah padam, setelah kembali dari masa pemulihannya, lelaki akrab disapa Komandan ini sudah kembali menjalani aktifitas mengolah fisik seperti biasanya.

Belakangan, Fadli yang kini menjadi instruktur balap Astra Honda Racing Team (AHRT) telah kembali ke atas sadel motor balap untuk membimbing bibit-bibit muda pebalap Indonesia.


 

"Masih perlu penyesuaian, karena pertama kali saya naik motor balap dan kembali ke sirkuit sejak insiden 2015 lalu, bukan balapan, hanya menjadi mentor peserta Honda Racing School (HRS) saja," tukasnya.

Rupanya kembalinya Fadli ke lintasan melatih peserta HRS makin memotivasinya kembali ke atas jok Honda CBR600RR, motor balapnya. Senin, 22 Agustus 2016 Fadli mengunggah foto di akun sosial media miliknya. Satu foto dengan dua frame yang menggambarkan bagian setang sebelah kiri dan footstep sebelah kanan dari sebuah motor berwarna putih.


 

"Itu Honda CBR600RR spek Asia (ARRC), baru selesai di modifikasi, malah belum sempat di tes, nanti dikabari kalo udah di tes jang !" ujar Fadli dalam pesan singkat.

Dalam gambar tersebut, terlihat di bagian setang sebelah kiri terdapat tuas tambahan di bagian bawahnya, tuas tersebut untuk mengaktifkan rem belakang, persis modifikasi yang dilakukan Michael Doohan pada Honda NSR 500 tunggangannya di era MotoGP bermesin 2-langkah. Sementara di bagian foot step kaki kanan, pedal rem digantikan oleh tuas persneling.


 

"Bukan part khusus, hanya menggunakan foot step dan tuas rem biasa tapi dengan beberapa modifikasi," jelasnya.

Hal ini merupakan siasat Fadli untuk menggantikan kerja kaki kiri mengungkit dan menginjak tuas persneling, seperti diketahui, pasca insiden tersebut kaki kiri Fadli harus di amputasi.

"Kalau bicara saya kembali balapan, masih terlalu 'pagi' untuk membahasnya, di tes aja belum motornya. Nikmatin dulu aja jang," ujarnya.

Selain Michael Doohan, Mattia Passini yang tahun ini berlaga di Moto2 pun melakukan modifikasi pada tuas rem depan yang dipindah ke handle bar sebelah kiri dan keduanya masih bisa kompetitif di balapan.

Artinya tidak menutup kemungkinan bagi Fadli untuk kembali beraksi, yang pasti modifikasi yang dilakukan Fadli pada motor balapnya sesuai dengan caption di foto yang diunggahnya di sosial media, 'Dream come true'. Yang berarti impiannya untuk kembali ke atas sadel motor balapnya akan segera terwujud.

Semangat Komandan !!!  (federaloil.co.id)

 

 

Foto  : istimewa