alexa

DETAIL NEWS

Ini 7 Cara Agar Motor Matic Awet, Nomor 5 Kunciannya !

Date : 17 Mei 2017 , Post Via : adit, Views : 3604

Awet tidaknya sebuah sepeda motor selain dari kualitas motornya sendiri juga yang utama dari perawatan yang diterapkan pemiliknya. Motor dan mesinnya yang sebagian besar bekerja seccara mekanis membutuhkan perawatan yang spesial dan rutin.

Perawatan pada motor matic ini sebetulnya tidak membebankan pemiliknya, asal tahu cara dan triknya, berikut 7 ccara membuat motor matic menjadi lebih awet;

1. Panaskan mesin motor sebelum digunakan

Biasakan sebelum motor digunakan, panasi terlebih dahulu mesin motor agar oli bersirkulasi keseluruh bagian mesin. Hal ini yang membuat komponen di dalam mesin terlindungi dari gesekan ketika mesin bekerja.

2. Berkendara dengan konstan

Maksudnya adalah tidak merubah laju motr matic kamu secara tiba-tiba, karena ini berhubungan dengan sistem transmisi motor matic itu sendiri. Dengan menggunakan motor secara halus maka komponen mesin dan tranmisinya akan terjaga lebih awet.

3. Periksa peranti transmisi

Komponen-komponen pada sistem transmisi memiliki kerja yang amat berat, oleh sebab itu periksalah selalu kondisinya, jangan biarkan salah satu komponen tersebut dalam kondisi yang tidak baik, karena akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

4. Jangan membawa bobot berlebih

Motor matic memang memiliki kelebihan dbanding motor lainnya, selain penggunaaannya mudah karena tidak perlu mengoper gigi dan mengatur kopling, ruang dek yang luas menjadikan motor ini leluasa membawa barang-barang. Namun ingat, jangan bawa barang dengan beban berlebih, selain akan membuat motor matic tidak awet juga berbahaya untuk keselamatan.

5. Ganti Oli secara rutin

Perhatikan jadwal ganti oli motor matic kamu, lakukan seara rutin dan tentu saja gunakan oli berkualitas yang memang diriset untuk sepeda motor jenis matic. Seperti line up Federal Matic dari Federal Oil yang diciptakan khusus untuk spesifikasi motor matic di Indonesia dengan kondisi iklim negeri ini yang akan membuat motor matic kami menjadi spesial.

6. Periksa kondisi accu

Motor matic terbaru sudah mengaplikasi injeksi pada sistem pemasukan bahan bakarnya. Injeksi merupakan teknologi canggih yang membuat kinerja motor menjadi lebih efisien. Namun patut diingat bahwa injeksi merupakan peranti elektronis  yang kinerjanya bergantung pada arus listrik yang stabil. Untuk itu selalu periksa kondisi accu motor matic kamu agar dalam kondisi optimal sehingga injeksi dan peranti elektronik lainnya bekerja secara sempurna.

7. Gunakan bahan bakar yang sesuai

Kebanyakan motor matic bisa 'meminim' bahan bakar jenis premium, namun disarankan agar menggunakan bahan bakar dengan kualitas lebih baik. Dengan begitu deposit sisa gas bakar dapat diminimalisir yang membuat motor menjadi lebih awet.

Nah Feders, mudah sekali kan merawat motor matic kamu agar tetap spesial. (federaloil.co.id)