alexa

DETAIL NEWS

Rawat Ruang Bakar Agar Tenaga Motor Tetap Spesial

Date : 16 April 2017 , Post Via : adit, Views : 1619


Tenaga gerak pada kendaraan bermotor dihasilkan dari proses pembakaran di ruang bakar. Di ruang bakar inilah trjadi proses dimana energi ledakan dari uap bahan bakar yang diledakan api dari busi dirubah menjadi energi gerak lewat dorongan yang diterima piston dan berlanjut dengan berputarnya kruk as dan gigi transmisi.

Tenaga yang dihasilkan akan berkurang ketika proses pembakaran tidak homogen yang salah satunya iakibatkan oleh kotoran yang menumpuk akibat kerak sisa proses pembakaran. Bagi motor bertransmisi matic, kondisi ini tentu amat berpengaruh utamanya pada tenaga yang loyo dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Kerak yang memngganggu proses pembakaran ini terbentuk karena proses pembakaran itu sendiri, karena sejatinya tidak ada pembakaran yang sempurna. Yang membuatnya cepat menumpuk adalah kualitas bahan bakar yang dipakai, settingan timming pembakaran yang kurang presisi dan faktor lainnya.

Oleh karenanya Feders harus selalu memperhatikan jadwal servis berkala agar proses pembakaran selalu homogen dan menghasilkan tenaga mesin yang maksimal. Untuk membersihkan ruang bakar tersebut ada beberapa cara, bisa dilakukan dengan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner alias pembersih ruang bakar, atau jika kondisinya sudah parah Feders harus melakukan pembongkaran ruang bakar untuk membersihkannya.

"Jika sejak awal sudah dilakukan perawatan rutin, mengunakan cairan pembersih ruang bakar rasanya sudah cukup untuk mengangkat deposit kotoran di ruang bakar. namun ada saatnya ruang bakar pun harus dibongkar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari pembersihan ini," ujar Haris, salah satu montir di Super Federal Oil Center Gemilang Motor, Purwakarta, Jawa Barat. (federaloil.co.id)