DETAIL NEWS

Mudik Pakai Motor Matic, Ini Yang Harus di Cek

Date : 01 Juli 2016 , Post Via : adit, Views : 1707





Motor matic juga bisa melakukan perjalanan mudik sejauh beraratus-ratus kilometer sama seperti jenis motor lainnya, berikut adalah poin-poin yang harus di cek agar motor matic kamu sukses antarkan mudik ke kampung halaman.

1.Cek volume oli rem, jika jalur minyak rem tidak terdapat kebocoran, berkurangnya minyak rem pada permukaan bak kontrol di master rem diakibatkan kampas rem yang mulai menipis. jika ini terjadi, lakukan penggantian kampas rem cakram dengan yang baru agar pengereman kembali optimal.

2.Cek lampu & sign, apakah berfungsi dengan baik, jika berencana melakukan perjalanan malam hari, ada baiknya mengganti bohlam lampu depan dan belakang untuk berjaga-jaga terjadi putus lampu ketika di perjalanan, atau bisa dengan membawa cadangan bohlam lampu.

3.Cek alur dan tekanan ban depan dan belakang, tiap pabrikan melegkapi ban dengan indikator kedalaman alur, jika indikator yang terletak di alur ban ini sudah rata dengan permukaan ban, artinya ban sudah saatnya diganti. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan tekanan angin ban dengan anjuran pabrikan intuk mendapatkan traksi maksimal pada aspal.

4.Cek kampas rem depan dan belakang, jika sudah melewati batas tleransi yang dianjurkan pabrikan, baiknya segera lakukan penggantian. Resiko rem tidak bekerja maksimal ataupun macet sangat besar pada kampas rem yang telah tipis.

5.Cek mesin, meliputi penggantian oli mesin dan transmisi, membersihkan peranti pengabut bahan bakar baik itu karburator ataupun injektor dan memeriksa komponen CVT untuk memastikan motor matic kamu dalam kondisi spesial.

6.Cek kelaikan suspensi, hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan selama melakukan perjalanan mudiik, apalagi jika melakukan perjalanan dengan berboncengan ataupun membawa barang bawaan. Peranti suspensi mutlak dalam keadaan terbaiknya untuk menghasilkan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor matic.

Hal tersebut diatas merupakan daftar ceklis yang harus dilakukan di motor matic yang akan dipakai mudik ke kampung halaman. (federaloil.co.id)