DETAIL NEWS

Libas Hujan, Jangan Lupa Periksa Kondisi Mesin dan CVT

Date : 13 November 2013 , Post Via : admin, Views : 9624

Libas Hujan, Jangan Lupa Periksa Kondisi Mesin dan CVT

Intensitas hujan yang semakin sering turun tentu bukan sebuah penghalang bagi pengguna sepeda motor untuk beraktifitas. Namun, jangan lupakan juga untuk merawat kembali beberapa perangkat agar tak bermasalah ketika riding melibas hujan.

Utamanya bagi pemilik sepeda motor matik alias skutik. Ground clearence yang tidak terlalu tinggi tentu membuat skutik memiliki kecenderungan lebih besar tergenang air. Beberapa mungkin saja selamat melintasi genangan air.

Tapi ada juga hal yang harus diperhatikan setelah anda berkendara di saat hujan atau pun melewati genangan air. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memeriksa mesin terutama pertemuan pada blok mesin. Biasanya air akan masuk dari celah tersebut.

“Kalau air sudah masuk ke dalam engine, pastinya sangat bahaya. Bisa-bisa timbul karat dan merusak komponen engine yang ada di dalam,” papar Sarjono, dari bengkel Sweet Martabak Racing, Ciledug, Tangerang. Solusinya adalah dengan mengganti packingnya saja.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi CVT. Jika terlalu sering maka akan banyak komponen yang karat. Perangkat yang sering karatbiasanya adalah sliding sheave. Bukan tidak mungkin juga karat akan menyebar ke perangkat lainnya.

Untuk mencegah sliding sheave aus, sebaiknya oleskan gemuk agar tidak terjadi slip. Dan, jangan lupa juga untuk membersihkan belt supaya tidak cepat getas. Jika tahapan ini sudah dilakukan, maka melibas genagan air setinggi 30-40 cc akan tetap aman. Selamat mencoba!



contoh bottom frame
x