alexa

DETAIL NEWS

Mudik Pakai Motor Banyak Kelebihannya, Tapi Perhatikan Hal-Hal Ini Feders

Date : 01 Juli 2016 , Post Via : adit, Views : 1621




Banyak orang memilih sepeda motor sebagai alat trasportasi ketika mudik ke kampung halaman dengan alasan yang beragam, jika diperhatikan memang lebih banyak kelebihannya menggunakan sepeda motor dibanding angkutan umum ataupun keendaraan pribadi roda empat.

Alasan sepeda motor menjadi alat transportasi mudik karena jauh lebih irit. Memang tidak ada yang menyangkal akan itu apalagi menggunakan motor kecil seperti motor motor matic. Akan tetapi karena mengejar iritnya saja lantas para pengendara tidak mengindahkan aspek safetynya.

Tidak sedikit ditemui pemudik yang membawa penumpang lebih dari ketentuan (Ayah, Istri dan anak 3 orang) dan membawa barang yang dimensi dan beratnya dapat mempengaruhi kestabilan motor. Boleh membawa barang dan penumpang asal berat barang beserta penumpang tidak lebih dari 150 kg. Dan barang yang dibawa tidak mengganggu handle dan kestabilan motor itu sendiri.

Karena mayoritas warga Indonesia melakukan mudik, lalu lintas menjadi padat, motor yang memiliki dimensi lebih kecil dibanding kendaraan bermotor lainnya memiliki fleksibiitas melewati celah-celah kecil di titik-titik macet. Membuat pengendara sepeda motor dapat mempersingkat waktu temuh dibanding kendaraan roda 4 atau lebih.
Namun perlu diingat juga untuk tetap mematuhu aturan lalu lintas, jika terjebak macet harus ikut mengantri jangan mengambil jatah pejalan kaki dengan naik ke trotoar.

Kelebihan lainnya, sepeda motor dapat digunakan untuk keliling silaturahmi di kampung halaman ke tempat sanak saudara. Dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum tentu sedikit merepotkan. Belum lagi suasana lebaran yang membuat lalu linntas di kampung halaman menjadi padat, lagi-lagi sepeda motor membuat silaturahmi Feders di kampung halaman menjadi lebih mudah.

Namun yang paling penting adalah memperhatikan aspek keselamatan. Kita kembali lagi ke ilmu safety riding yang merupakan tindakan pencegahan bukannya pengobatan. Trilogi kecelakaan karena adanya 3 unsur yaitu manusia, kendaraan dan Jalan, akan tetapi yang paling berpengaruh adalah manusianya. Karena manusianya yang harus dapat mengontrol semua. Jadi bahaya atau tidak, tergantung dari pengendaranya. (federaloil.co.id)

 

Foto  : www.gambargambar.co