alexa

DETAIL NEWS

Mudik Pakai Motor Berusia Lebih Dari 5 Tahun, Siapa Takut !

Date : 30 Juni 2016 , Post Via : adit, Views : 3076

Motor yang tidak lagi baru atau berusia lebih dari 5 tahun bisa jadi tunggangan spesial mudik kamu, namun ada beberapa hal yang wajib di perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.

Karena motor dengan usia lebih dari 5 tahun dipastikan sudah banyak komponen yang termakan usia, utamanya di area mesin, untuk itu lakukanlah pengecekan menyeluruh untuk memastikan kondisinya prima selama melakukan perjalanan mudik.

Rantai keteng menjadi bagian yang cukup vital, karena jika rantai keteng mulai aus, biasanya suara mesin di bagian kepala silinder lebih berisik (noise).  Yang lebih parah, siklus kerja messin menjadi terganggu karena fungsi utama rantai keteng adalah mengatur uap bakar dan sisa gas buang mesin.

Perhatikan juga kerapatan kompresi di kepala silinder, utamanya bagian klep. Baik itu klep masuk dan buang, apakah terdapat kebocoran atau tidak, karena lagi-lagi peranti ini menjadi salah satu penentu mesin motor bekerja secara optimal.

Bagian transmisi janganluput dari pengecekan, karena transmisi menjadi bagian penyaur tenaga mesin ke roda belakang, periksa kelayakan kopling sampai rantai roda, untuk matik pengecekan menyeluruh di bagian CVT wajib dilakukan.

Yang tidak boleh terlewatkan adalah, ganti oli mesin dan transmisi menggunakan produk yang terpercaya, Federal Oil yang udah terbukti kualitasnya memiliki ragam pilihan untuk semua sepeda motor yang beredar di Indonesia. (federaloil.co.id)