DETAIL NEWS

Kegunaan Dipstick Oli Pada Mesin Motor

Date : 12 April 2017 , Post Via : adit, Views : 4094



 

Dipstick oli yang juga berguna sebagai tutup lubang pengisian oli motor ini memiliki tugas lain yaitu sebagai indikator kapasitas oli, jika dicermati komponen ini memiliki indikator ketinggian permukaan oli.

Tentu hal ini berguna untuk pemilik motor bisa melakukan pengecekan sendiri pada motornya, dengan cara melihat kapasitas oli motor, ini dilakukan pagi hari ketika motor belum dipanaskan, membacanya sangat mudah, jika permukaan oli berbekas di stip L atau lower maupun dibawahnya artinya kapasitas oli mesin kamu kurang, begitupun sebaliknya jangan sampai melebihi kapasitas juga.

Selain itu dipstick berguna sebagai alat untuk mengetahui kualitas pelumas yang dipakai. Dipstick digunakan untuk mengambil sample pelumas, jika warna oli motor sudah berubah lebih gelap artinya sudah harus diganti, pun bisa dicek dari baunya, jika berbau gosong, oli motor tersebut sudah tidak optimal lagi.

Meski masa pakai pelumas khususnya Federal Oil dapat menempuh jarak 2.000 km namun bisa saja sebelum jarak tempuh tersebut pelumas harus diganti karena mesin bekerja lebih berat dari anjurannya, misal sering mengangkut beban berat, medan yang berat yang sering dilalui juga cuaca ekstrim dan kemacetan lalu lintas yang jelas membebani komponen mesin dan pelumasnya.

Jadi Feders jangan segan untuk melakukan pengecekan dipstick agar kualitas oli motor selalu terjaga. (federaloil.co.id)