alexa

DETAIL NEWS

Cuci Helm Sendiri, Begini Caranya

Date : 17 November 2016 , Post Via : adit, Views : 1240



 

Helm bagus, tampang keren tapi bau! Nah, jadi masalah kan? Apalagi cuaca di Indonesia cukup lembab, Feders. Apalagi, itu helm dipakai tiap hari yang pastinya banyak keringat bercucuran. Meskipun banyak tempat cuci helm, kalian juga bisa cuci sendiri Feders.

Ini tips cuci helm sendiri dari bro Hesa from komunitas Octopus (Automotive Community Scoopy Kaskus).

“Bahannya, bisa dibeli kok. Atau bisa juga pakai yang ada di rumah,” sebut Hesa yang tinggal di Depok, Jawa Barat.

Pertama, yang dilakukan copot semua padding helm. Termasuk padding utama alias busa bagian atas. Tak tertinggal, padding atau busa di pipi kiri-kanan. Jangan sembarang melepas padding. Agar tidak rusak bahkan robek, perhatikan kancing-kancingnya.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk keperluan merendam padding. Lalu, siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Kini, dalam air hangat yang sudah disediakan di ember, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran rontok dan kuman mati.

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran. Sehingga, bisa bikin padding kembali kinclong.

Setelah itu, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Ini menghindari kotoran akan mengendap di padding lagi. Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari.

Sebaiknya, padding basah itu jangan langsung diperas. Sebab akan merusak busa dalamnya dan bikin kempes lagi. Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa.

Kini, helm pun tak bau apek dan siap digunakan beraktifitas. (federaloil.co.id)