alexa

DETAIL NEWS

Piston Adalah Jantung Di Tubuhmu

Date : 14 April 2016 , Post Via : adit, Views : 2426




 

Piston atau dikenal dengan 'seher' oleh orang-orang bengkel dan 'torak' jika menggunakan bahasa teknis, jika dianalogikan adalah jantungnya sepeda motor dengan kata lain piston adalah jantung di tubuhmu Feders.

Tugas utamanya memompa bahan bakar dan udara lalu mengubah tekanan karena ledakan dari pemampatan bahan bakar dan udara tadi menjadi gaya atau linear. Sudah pasti piston terbuat dari bahan spesial, bahan tersebut harus ringan tapi juga kuat Feders.

Umumnya sih piston terbuat dari alumunium alloy atau bahan tempa lainnya yang memiliki karakter ringan dan kuat. Piston bekerja pada ruangan yang disebut silinder, disinilah proses pembakaran berlangsung.

Karena tugas utamanya memompa uap bahan bakar dan udara maka piston wajib dipasang sangat rapat pada silinder. Tapi bukan  berarti rapat serapat-rapatnya Feders, tetap dibutuhkan celah atau clearance antara piston dan silinder.

Jika piston dipasang terlalu ketat dengan silinder maka akan terjadi macet atau jammed saat mesin panas akibat pemuaian piston. Bahasa ringannya sih ukuran piston membesar, meskipun terjadi pemuaian pada silinder, tapi pemuaian pada piston terjadi lebih besar.

Lalu bagaimana bisa memampatkan kompresi jika masih ada celah ? Nah, disinilah tugas ring piston, celah yang nol koma sekian milimeter antara piston dan dinding silinder di mampatkan oleh ring piston, nanti akan dibahas tersendiri soal ring piston ya Feders.

Kerenggangan yang pas antara piston dan silinder tetap harus disempurnakan oleh pelumas atau oli mesin, gerakan naik turun piston pada silinder yang terjadi ribuan bahkan jutaan kali ketika mesin motor menyala kudu dilumasi oli dengan kualitas tinggi.

Pelumas tersebut harus mampu memberikan perlindungan pada komponen yang bergesekan sekaligus membuat suhu mesin tetap stabil. Suhu mesin yang terjaga pada suhu ideal, yaitu tidak dingin dan tidak terlampau panas, membuat mesin bekerja maksimal. Efeknya tentu penggunaan bahan bakar yang efisien dan power yang dihasilkan mesin lebih besar.

Nah kalau soal pelumas Feders tau dong kalau Federal Oil memiliki line up yang lengkap untuk semua motor. Pelumas yang mampu menjaga jantung sepeda motor kalian selalu kondisi terbaiknya.

Kalian enggak mau kan jantung motor kalian berhanti gara-gara salah pilih oli ? (federaloil.co.id)