alexa

DETAIL NEWS

Rawan Dibobol, Hati-Hati Pakai Pemindai Sidik Jari Di Smartphone

Date : 10 Maret 2016 , Post Via : adit, Views : 1436




 

Dikutip dari laman Quartz, Rabu (9/3/2016), beberapa peneliti dari Michigan State University berhasil menemukan cara mudah membuka smartphone berteknologi pemindai sidik jari. Bahkan, para peneliti itu menggunakan teknologi sederhana dan mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari.

Teknologi pemindai sidik jari di smartphone saat ini disebut-sebut menjadi teknologi keamanan paling canggih. Bagaimana tidak, sebuah smartphone hanya dapat dibuka oleh pemilik sidik jari yang didaftarkan pada perangkat itu.

Para peneliti tersebut hanya bermodalkan sebuah printer dengan tinta perak konduktif dan kertas foto khusus. Proses pengerjaan pun cukup sederhana. Awalnya para peneliti memindai sidik jari seseorang yang dijadikan target.

Setelah dipindai, gambar tersebut diatur terlebih dulu untuk mendapatkan kontras yang sesuai. Kemudian hasil editnya diduplikasi dan dicetak pada kertas glossy yang menyerupai foto menggunakan tinta konduktif. Hasil cetak itu kemudian ditempelkan di pemindai sidik jari untuk membuka smartphone.

Kalau dipikir, mirip aksi pemalsuan sidik jari di film-film ya Feders. Dan ternyata hasil dari uji coba tersebut cukup mencengangkan. Kedua peneliti itu, Anil Jain dan Kai Cao, berhasil membuka dua dari empat smartphone yang menggunakan teknologi pemindai sidik jari.

'Keberhasilan' para peneliti tersebut merupakan sinyal bahaya bagi teknologi pemindai sidi jari, mudah-mudahan perusahaan smartphone dapat menemukan cara untuk menyempurnakan teknologinya. (federaloil.co.id)