alexa

DETAIL NEWS

Wisata Pengembangbiakan Penyu, Ajib Feders

Date : 11 April 2018 , Post Via : adit, Views : 1527

 

Pantai Sukamade merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri, pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini menyimpan berbagai macam potensi wisata yang wajib Feders kunjungi.

Selain terkenal dengan jalur offroad, Pantai ini juga terkenal sebagai surganya satwa langka penyu.

Ada empat jenis penyu yang bisa Feders temui di Pantai Sukamade yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae).

Jika Feders menginap di Taman Nasional Meru Betiri bisa berkesempatan menikmati aktivitas penyu bertelur di pesisir Pantai Sukamade pada malam hari.

Namun ada beberapa syarat bila ingin melihat aktivitas tersebut, seperti tidak boleh berisik, tidak menyalakan cahaya seperti senter, sorot handphone, dan bahkan rokok.

Termasuk juga menjaga jarak dengan penyu yang sedang bertelur. Tapi karena ini berlangsung alami maka bisa saja satu malam tidak ada penyu yang naik untuk bertelur.

Selain menyaksikan penyu bertelur, wisatawan yang datang juga diajak untuk melepaskan tukik, bayi penyu yang menetas pada penetasan semi alami yang berada di Taman Nasional Meru Betiri.

Biasanya pelepasan tukik dilakukan pada pagi hari. Atau, Feders juga bisa mengikuti aktivitas memindahkan telur penyu ke penetasan semi alami.

Menarik bukan, bisa melihat proses pengembangbiakan satwa langka ini.