DETAIL NEWS

Sesering Apa Oli Motor Harus Diganti ?

Date : 08 Desember 2017 , Post Via : adit, Views : 4013

 

Pertanyaan ini sering muncul di benak Feders sekalian, frekuensi yang tepat untuk mengganti oli mesin motor kesayangan. Karena pada fungsi oli pada mesin motor sangat vital dan kesalahan pada perawatan dan pemilihan oli akan berakibat fatal bagi mesin motor.

Pihak pabrikan sepeda motor telah memberikan jadwal berkala penggantian oli pada buku service yang disertakan pada setiap pembelian unit motor. Parameter yang digunakan adalah berdasarkan waktu pakai atau jarak tempuh.

"Keduanya bisa jadi patokan, artinya mana yang tercapai lebih dulu, misalkan sepeda motor dijadwalkan untuk ganti oli berkala setiap 1.000-2.000 km, namun karena jarang dipakai jarak tempuhnya tidak sampai angka tersebut tapi masa pakai oli telah lewat dari 2 bulan. Maka menurut saya ada baiknya dilakukan penggantian oli, alasannya adalah oli yang terlalu lama mengendap dan tidak bersirkulasi tentu akan berubah strukturnya meski hanya sedikit," ujar Abuy dari Federal Oil Center Eka Motor di bilangan Lenteng Agung, Jakarta.

Langkah tepat untuk selalu mengikuti arahan dari pabrikan sepeda motor, selalu patuhi jadwal penggantian oli, karena oli yang telah lewat masa pakainya akan membuat mein cepat panas, fungsi melindungi komponen mesin akan berkurang dan masih banyak akibat negatif lainnya. (federaloil.co.id)