DETAIL NEWS

Ini 8 Hal Agar Aman Dan Nyaman Ketika Berkendara

Date : 16 Mei 2016 , Post Via : adit, Views : 2691



 

Sepeda motor merupakan alat transportasi paling digemari di Indonesia maka tak aneh jika populasi sepeda motor di negeri ini kian banyak. Feders pasti setuju jika sepeda motor sangat praktis digunakan.

Agar kalian aman dan nyaman selama perjalanan, baiknya pahami dan lakukan 6 hal penting ini Feders.


1. Selalu cek motor sebelum melakukan perjalanan

Motor keluaran baru sekalipun harus melakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan, luangkan waktu 3-5 menit untuk memeriksa motor. Sembari memanaskan mesin, Feders bisa periksa kondisi ban, kembangan dan anginnya. Periksa juga apakah lampu utama dan lampu rem bekerja jangan lupa untuk cek lampu sein dan klakson karena ini menyangkut keselamatan.

2. Periksa kelengkapan berkendara

Kalau motor sudah oke lanjutkan dengan memeriksa kelengkapan berkendara, SIM dan STNK jangan sampai tertinggal Feders.

3. Wajib pakai safety gear

Nah ini yang penting untuk keselamatan kalian, helm wajib digunakan meskipun hanya perjalanan berjarak pendek, ingat Feders pakai helm itu untuk keselamatan bukan karena takut ditilang polisi. Selain helm gunakan juga sarung tangan, jaket dan celana panjang baiknya yang memiliki protektor di bagian-bagian vital seperti sikut dan lutut. Agar lebih aman gunakan sepatu yang menutup hingga mata kaki juga gunakan jenis yang lentur namun menapak seara baik dipijakan kaki.

4. Sikap berkendara (Riding Style)

Ini berhubungan dengan kenyamanan namun jangan karena mencari kenyamanan lantas Feders tidak sigap mengendalikan sepeda motor. Carilah posisi yang nyaman namundapat mudah mengontrol laju dan manuver sepeda motor.

5. Jaga jarak

Jalan raya bukan lintasan balap Feders, ada banyak pengendara lain disana. Aturlah jarak aman dengan pengendara didepan.

6. Kontrol kecepatan

Meski jalanan kosong bukan berarti Feders dapat memacu motor sampai batas maksimalnya, perhitungkan jika ada kendaraan yang tiba-tiba memotong jalur atau keluar dari gang. Kewaspadaan selama berkendara merupakan hal yang mutlak.

7. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Patuhi setiap rambu yang ada di jalan, jangan memaksakan diri di persimpangan dan perlintasan kereta. Pergunakan isyarat belok (sein) jika akan merubah jalur sehingga pengendara lain dapat melihat Feders melakukan manuver.

8. Persiapkan fisik

Jangan anggap sepele berkendara sepeda motor, fisik yang kelelahan akan mempunyai reflek yang lebih lambat maka itu jangan paksakan diri jika kondisi Feders sedang tidak fit. Dan yang terakhir jangan lupa berdoa ya Feders agar selamat sampai tujuan. (federaloil.co.id)