DETAIL NEWS

Ini Nama Santa Claus di Beberapa Negara

Date : 26 Desember 2015 , Post Via : adit, Views : 2032



 

Masih dalam suasana natal 2015, Feders yang merayakan Natal pasti tahu dengan Santa Claus yang baik hati karena senang berbagi kue dan permen saat Natal, bahkan Santa Claus terkenal dengan sifatnya yang suka memberikan hadiah Natal untuk anak-anak yang baik.

Sosok kakek gendut dengan janggut yang panjang ini merupakan gambaran dari Santo Nicholas yang memang gemar berbagi kepada sesala yang membutuhkan. uniknya semua anak-anak di seluruh dunia punya panggilannya sendiri untuk Santa Claus. Berikut beberapa negara yang punya panggilan unik untuknya.

1. La Befana (Italia)
Anak-anak Italia tidak mengenal adanya Santa Klaus, namun mereka mengenal sosok La Befana. Sosok ini sebenarnya mirip sosok nenek sihir lengkap dengan sapu terbangnya. Namun sama seperti Santa Klaus, La Befana juga akan memberikan hadiah pada anak-anak di Italia. Jika mereka berbuat baik maka La Befana akan memberikan hadiah dalam kaus kaki yang digantung dekat cerobong asap. Tetapi jika anak-anak nakal, ia akan mengisi kaus kaki anak-anak dengan sebongkah arang.

2. Papa Noel (Spanyol)
Di Spanyol, Santa Klaus disebut sebagai Papa Noel.Namun berbeda dengan cerita kebanyakan, Papa Noel tidak akan membawakan mainan untuk anak-anak. Namun, di beberapa daerah di Spanyol, anak-anak diberitahu jika mereka nakal maka Papa Noel akan membawa mereka pergi. Sedangkan sosok pembawa hadiah Natal dari Spanyol adalah Tiga orang Majus atau yang dikenal dengan Los Tres Reyes Magos. Dan hari ini dirayakan pada Three Kings Day (6 Januari).

3. Joulupukki (Finlandia)
Karena janggutnya yang panjang dan putih, warga Finlandia memanggil Santa Klaus dengan sebutan Joulupukki. Nama ini berarti domba Natal. Ketika akan membagikan hadiah, Joulupukki akan mengetuk pintu setiap rumah sambil berkata "Onko taalla kiltteja lapsia?" yang berarti "Adakah anak baik di sini?"

4. Hoteiosho (Jepang)
Sosok Santa Klaus yang satu ini memang berasal dari Jepang. Namun jangan bayangkan Santa Jepang ini sama seperti Santa Klaus kebanyakan. Hoteiosho sebenarnya adalah seorang pendeta yang baik hati. Dia selalu digambarkan sebagai seorang pria tua yang membawa sebuah kantung besar di punggungnya seperti Santa Klaus. Ia diperkirakan memiliki mata di belakang kepalanya, agar bisa melihat kelakuan anak baik dan anak nakal.

5. Dun Che Lao Ren (China)
Di China, Santa Klaus disebut dengan Dun Che Lao Ren yang berarti kakek Natal. Dun Che Lao Ren ini akan datang dan mengisi kaus kaki Natal yang digantung dengan aneka hadiah. Sosok kakek ini sedikit berbeda, karena sang kakek Natal ini menggunakan baju merah bergaya Shanghai lengkap dengan topi tradisional dan motif busana khas China. Dan yang uniknya, Santa Klaus ini juga digambarkan sebagai sosok kakek asli China dengan matanya yang sipit.



Source   : Hesti Pratiwi/Kompas.com