alexa

DETAIL NEWS

Sarung Tangan Balap Dipakai Harian, Bolehkah ?

Date : 14 September 2016 , Post Via : adit, Views : 4088

 

Tadinya ingin safety dan bergaya yang ada malah tidak nyaman saat berkendara, itu bisa saja terjadi jika menggunakan sarung tangan alias gloves balap ketika berkendara sehari-hari. Secara fungsi, sarung tangan balap memberikan perlindungan yang baik jika terjadi kecelakaan pada penggunanya, karena sarung tangan tersebut dilengkapi protektor dibagian punggung tangan.

Tapi jika tidak terbiasa memakainya justru jadi bumerang bagi penggunanya. Sarung tangan yang nyaman dipakai adalah yang pas dengan tangan. "Sarung tangan balap boleh saja dipakai sehari-hari, tapi biasakan dulu menggunakan sarung tangan jenis ini. Menurut hemat saya, jika keperluannya untuk berkendara sehari-hari baiknya jangan gunakan sarung tangan balap, pakailah sarung tangan yang memang didesain untuk berkendara sehari-hari. Karena kondisi berkendara di sirkuit dan jalanan sangat jauh berbeda, " terang Asep Hendro, pemilik dari brand AHRS Racing Product yang juga memproduksi sarung tangan balap dan harian.

Nah, agar nyaman dan juga memberikan keamanan ketika berkendara sehari-hari, pilihlah sarung tangan untuk berkendara sehari-hari, bukan sarung tangan balap yang cenderung kaku karena dirancang dengan berbagai protektor untuk melindungi pembalap ketika terjadi insiden kecelakaan.

Juga biasakan riding menggunakan sarung tangan, mayoritas pengendalian sepeda motor ada di tangan, dan telapak tangan merupakan bagian tubuh yang peka, saat pertama menggunakan sarung tangan tentu feeling memutar selongsong gas, menarik tuas rem depan dan tuas kopling, mengoperasikan saklar akan berkurang. Apalagi sarung tangan balap lebih kaku dari sarung tangan harian.

Secara fungsi, sarung tangan dibagi dua, untuk keperluan balap dan turing (harian) pembedanya ada di banyaknya protektor. Sarung tangan untuk harian protektornya lebih sedikit dan dikombinasi material lain, agar kulit lebih lentur saat digunakan serta lebih cepat menyerap keringat di telapak tangan.

Semakin tinggi jam pakai sarung tangan, bentuk sarung tangan tersebut mengikuti tangan penggunanya. "Sarung tangan enak dipakai jika bentuk dibagian jarinya sudah membulat saat sarung tangan tersebut tidak dipakai," jelas Asep.

Maksudnya walaupun sarung tangan tersebut tidak dipakai, bentuknya seperti sedang dipakai menggenggam setang, artinya sarung tangan sudah lentur sehingga nyaman dipakai berkendara sehari-hari.

Nah Feders, jangan salah pilih sarung tangan ya. (federaloil.co.id)