alexa

DETAIL NEWS

Ini Sejarahnya Tanggal 22 Desember Diperingati Sebagai hari Ibu

Date : 22 Desember 2015 , Post Via : adit, Views : 1300



 

Hari Ibu diperingati pertama kali di Indonesia setelah Presiden Soekarno mendeklarasikan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Dan pastinya ada sejarah hingga dipilihnya tanggal 22 Desember tersebut untuk puncak peringatan hari Ibu di negara kita Feders. Karena meski di bnegara lain juga ada Hari Ibu tapi kadang berbeda tanggal dan bulannya.

Pada tanggal 22-25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I (yang pertama). Yang dianggap sebagai tonggak berdirinya organisasi para pejuang wanita yang pertama Indonesia.

Awalnya peringatan Hari Ibu ditujukan untuk mengenang para pahlawan wanita atau ikut andil besar serta terlibat dalam upaya bangsa kita melepaskan diri dari para penjajah. Sebut saja, M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said.

Jadi sebenarnya Hari Ibu bukan hanya sebatas perayaan kasih sayang seorang ibu pada anaknya, tapi pemaknaannya lebih dari itu, bagaimana kiprah seorang ibu yang bisa merubah bangsa.


TAGS

hari ibu