alexa

DETAIL NEWS

Ini Caranya Agar Lampu Utama Awet

Date : 18 Maret 2017 , Post Via : adit, Views : 7878

 

Saat ini semua motor menganut sistem lampu utama always on alias selalu menyala, alasannya adalah keberadaan sepeda motor mudah terpantau kendaraan lainya dijalan, namun masalah yang muncul adalah, lampu utama sering mati akibat bohlamnya putus karena menyala siang-malam.

"Sejak beli motor ini saya sudah lebih dari 3 kali ganti bohlam lampu depan, berbeda dengan motor saya sebelumnya yang bisa dimatikan lampunya," ujar Indra Gunawan, pemilik Honda Vario lansiran 2014 ini.

Wajar saja motor Indra beberapa kali putus bohlam lampu utamanya, Vario yang lampunya menganut sistem DC (Direct Current) boleh dibilang tidak pernah memberi kesempatan lampu untuk 'beristirahat'.

Bandingkan dengan lampu sistem AC (Alternating Current) yang nyala lampu berdasarkan putaran mesin, ketika mesin dalam kondisi putaran tinggi maka lampu akan menyala sesuai wattnya. Dan saat mesin berputar diputaran rendah atau idle maka lampu akan meredup, sejatinya saat inilah lampu 'beristirahat'.

Berbeda dengan motor yang menggunakan arus DC, lampu akan terus menerus bekerja tanpa istirahat. Ini yang membuat lampu cepat putus, bukan karena kualitas bohlam lampu yang jelek tapi karena usia pakainya yang telah maksimal.

Bohlam lampu terdiri dari dua filamen, satu untuk lampu utama dan satunya untuk lampu jauh atau lampu dim. Biasanya penggunaan lampu dim jarang sekali dibandingkan lampu utama, begitupun yang terjadi pada motor milik Indra, lampu yang putus selalu lampu dekat, sementara filamen lampu dim sehat wal afiat.

"Belajar dari pengalaman, saat ini saya tahu caranya 'mengistirahatkan' lampu utama kala siang hari. Dengan cara menyalakan lampu jauh atau lampu dim ketika berkendara siang hari, saya rasa pengendara lain tidak akan silau oleh sorotan lampu. Baru ketika malam hari saya rubah switch lampu ke lampu dekat, terbukti ini bikin awet lampu dekat," jelas Indra.

Cara ini memang tidak menjamin lampu akan awet, tapi setidaknya lampu dekat yang selalu kita gunakan ketika berkendara malam hari akan lebih tahan lama. (federaloil.co.id)