alexa

DETAIL NEWS

Mengapa Mesin Motor Canggih Butuh Oli Motor Dengan Viskositas Rendah ?

Date : 10 Mei 2017 , Post Via : adit, Views : 3558


Pada mesin-mesin motor terbaru yang telah mengusung teknologi mutakhir membuthkan pelumas dengan tingkat viskositas rendah atau oli motor yang encer, hal ini berhubungan dengan spesifikasi komponen bergerak didalam mesin.

Mesin motor terbaru cenderung dibuat mempertimbangkan efisiensi ruang mesin, celah antar komponen didalam mesin dibuat seefisien mesin sehingga membuat mesin lebih kompak dimensinya. Dengan kondisi demikian maka dibutuhkan pelumas yang mampu meresap ke setiap sela mesin dengan cepat dan menyeluruh.

Selain itu dengan performa yang tinggi mesin akan lebih tinggi putaran mesinnya, hal ini membutuhkan kinerja oli motor terbaik yang mampu melumasi seluruh bagian mesin dengan cepat pula. Pelumas dengan viskositas rendah adalah jawaban yang tepat untuk kondisi mesin seperti itu.

Dengan putaran mesin yang lebih cepat maka akan tercipta gesekan yang lebih tinggi, "Suhu mesin menjadi lebih tinggi karena kondisi tersebut, maka itu pelumas dengan viskositas rendah sangat direkomendasikan," jelas Mardiani Indriastuti, Product Deputy Department Head PT Federal Karyatama.

Namun harus diingat juga bahwa sifat oli yang lengket tetap wajib dimiliki oleh pelumas dengan viskositas rendah, maksudnya adalah meski encer, aliran oli tidak pernah putus untuk terus menjangkau seluruh komponen didalam mesin. Federal Oil melalui riset yang berkesinambungan berhasil menciptakan formula pelumas dengan viskositas rendah yang mampu melindungi komponen bergerak di dalam mesin.

Kelebihan lain dari pelumas dengan viskositas rendah adalah mengurangi beban putaran mesin, sekaligus mencegah slip pada kopling yang membuat tenaga dari mesin tersalur maksimal ke roda, hal ini berdampak pada penggunaan bahan bakar yang menjadi semakin irit.