Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Ini Dia Motor Trail Berpenggerak All Wheel Drive

Date : 14 Oktober 2013 , Post Via : admin, Views : 25067

Ini Dia Motor Trail Berpenggerak All Wheel Drive

Kemampuan motor KTM 300 EXC yang terbilang mumpuni melibas trek offroad, nyatanya tak membuat NewTech Development puas. Mereka bahkan menambahkan fitur baru pada tunggangan dari Austria tersebut.

Adalah Marty Lawson yang merupakan punggawa dari NewTech Development. Dirinya ingin menambah satu lagi roda penggerak agar makin handal menjelajah di medan berat.   

Hal tersebut yang mengilhami ide gokil untuk membuat motor berpenggerak All Wheel Drive (AWD) ini. Penggerak AWD untuk motor tentu bukan perkara mudah. Pasalnya roda depan berfungsi sebagai penentu arah kemudi yang terbilang sulit dipasang rantai penggerak tambahan.

Untuk itu, Lawson menggunakan suspensi depan Hossack style double A-arm yang masih aman saat berbelok jika dipasang rantai dan gir tambahan. Gir dan rantai tambahan tersebut diputar dengan extension di posisi gir depan standar.

Setelah membereskan pemasangan, masalah yang justru timbul adalah gejala spin karena roda depan berputar lebih cepat dari roda belakang. Lawson pun memasang gir adjustable yang dirancang agar putarannya 1 persen lebih lambat dari gerak roda belakangnya.

“Sistem ini mudah dikendalikan oleh pemula. Selain itu, komponen tambahan berbobot 14 kg ini sanggup menghadapi medan berat seperti bebatuan dan parit. Serta untuk manuver di trek pasir, salju dan lumpur. Sehingga kami rasa cocok untuk pemakaian SAR, militer dan pemadam kebakaran,” tutup Lawson.



contoh bottom frame
x