alexa

DETAIL NEWS

Honda CB190R dan CBF190R, Street Fighter Jalanan Tiongkok

Date : 05 Oktober 2015 , Post Via : adit, Views : 2249




 

Varian Honda dengan aliran naked bike ini telah hadir di Tiongkok, Honda CB190R dan CBF190R disebut-sebut sebagai penerus kejayaan Honda Tiger di Tanah Air. Kapasitas mesin yang hampir sama dengan Tiger dan genre naked bike dari Tiger diturunkan di varian ini membuat kedua motor ini sering dikaitkan dengan regenerasi Honda Tiger.

Tampilan Honda CB190R dan CBF190R boleh dibilang street fighter sejati, kaki-kaki kekar dengan suspensi depan up-side down, bagian belakang menggunakan monoshock. Dari tampilannya bisa disimpulkan motor ini lincah meliuk dijalanan, layaknya petarung jalanan yang tangguh namun lincah bergerak.

Lampu depan dibuat pipih dengan lampu LED sebagai sumber cahayanya. Tangki bahan bakar tinggi dibentuk berkontur seolah otot perut kekar dari sang petarung jalanan.

Dengan dipersenjatai mesin 4 langkah 184 cc mengandalkan pendinginan udara, mesin motor ini mampu hasilkan power sampai dengan 16 hp dengan torsi sebesar 15 Nm pada kitiran 7.000 rpm.

Pipa knalpot dibuat ringkas dengan mufler yang berada dibawah mesin dan ujungnya nongol sedikit saja disisi kanan, membuat area mesin makin padat.

PGM-FI menjadi andalan efisiensi bahan bakar pada mesin ini, bagian ruang bakar telah dirancang mampu menghasilkan power besar dengan pemakaian bahan bakar yang optimal namun menjamin akselerasi kuat .

Pemakaian ban dengan ukuran 110/70 R17 di depan dan 140/70 R17 di belakang semataa-mata bukan hanya mengejar tampilan belaka, lewat kaki-kaki yang kekar maka pengendalian motor menjadi lebih mantap.

Sayangnya street fighter ini baru 'bertarung' di jalanan Tiongkok, Feders di Indonesia harap bersabar.