DETAIL NEWS

Ganti Oli Sebelum Waktunya Menjaga Kondisi Mesin Selalu Prima

Date : 04 Januari 2017 , Post Via : adit, Views : 5215



 

Penggantian oli berdasarkan jarak tempuh adalah patokan yang diberikan pabrikan untuk para pengguna sepeda motor. Patokan tersebut dipukul rata, tidak pandang jenis motor, bobot yang ditanggung motor sampai dengan kondisi jalan yang dilalui motor.

Maksudnya begini Feders, umur komponen mesin tak hanya dipengaruhi oleh jarak tempuh motor, faktor lainnya adalah, cara berkendara, komponen mesin akan lebih awet jika motor jarang di geber pada kecepatan tinggi. Juga beban yang biasa ditanggung motor, semakin berat bobot yang dibawa motor maka akan semakin berat juga kerja mesin.

Begitupun dengan kondisi jalanan yang sering dilalui, jika Feders hanya menjalankan motornya pada jalur lurus datar, maka komponen mesin akan lebih awet dibanding menjalankan motor pada jalanan yang menanjak maupun enurun, mesin bekerja lebih berat pada jalanan seperti itu.

Pelumas atau oli mesin dan oli gear (matic) merupakan pelindung satu-satunya komponen mesin pada motor Feders. Secanggih apapun mesin motor tentu butuh oli untuk melumasi komponen mesinnya.

Alangkah baiknya jika motor Feders bekerja lebih berat, lakukan penggantian oli sebelum mencapat batas maksimalnya. Pemilihan pelumas pun harus sesuai dengan spesifikasi mesin. Misalnya nilai viskositas (SAE) dan juga kualitasnya seperti API Service serta JASO, ini bertujuan agar oli dapat melumasi mesin secara maksimal.

Waktu penggantian oli yang tepat adalah ketika mesin sedang dalam kondisi dingin atau relatif dingin. Pagi hari bisa menjadi pilihan yang tepat anda untuk mengganti oli mesin. Ini dikarenakan motor belum digunakan dan pada keadaan ini oli berada di bak mesin. Hanya sedikit yang menempel di mesin dan ketika oli dikeluarkan akan terbuang maksimal.

Kondisinya jelas akan berbeda jika kadar oli lama yang tersisa masih banyak. Dengan begitu, oli baru akan tercampur dengan oli lama, ini menyebabkan kemurnian oli baru berkurang, tentu saja fungsinya melumasi mesin pun demikian. Hal ini juga berlaku sama saat anda memutuskan untuk mengganti gear oil.

Jadi Feders, sayangi motor kalian, jangan lalai melakukan penggantian oli. (federaloil.co.id)