DETAIL NEWS

Yamaha XS650, Penggebrak Teknologi di Jamannya

Date : 17 Mei 2016 , Post Via : adit, Views : 5571



 

Yamaha XS650 mengusung teknologi desain mesin kompak pada era’60-an. Tepatnya tahun 1968 ketika motor ini pertama kali diluncurkan ke pasaran, teknologi yang dimaksud adalah mesin dan gearbox atau unit transmisi yang menjadi kesatuan di crankcase mesin.

Hal tersebut sama sekali baru untuk mesin berkapasitas menengah, sementara produsen lain masih mengusung desain mesin yang terpisah antara motor bakar dan gearboxnya. Dengan teknologi yang dibawa XS650, dimensi mesin menjadi lebih kompak dan bobotnya pun jauh lebih ringan.

Penggunaan pelumas pun menjadia lebih sedikit karena hanya dibutuhkan satu jenis pelumas saja untuk meluasi ruang bakar dan unit transmisi. Dengan desain mesin seperti ini, penggunaan oli mesin menjadi lebih sedikit sekaligus lebih simpel, karena tidak memerlukan tangki oli mesin seperti mesin yang terpisah antara motor bakar dan transmisinya.

Teknologi yang tak kalah menggebrak adalah penggunaan Over Head Camshaft (OHC), dengan penggunaan camshaft atau kem yang berada di kepala silinder membuat penggunaan pushrod yang memerintah buka-tutup klep tidak diperlukan lagi. Camshaftnya sendiri bergerak dari putaran rantai kamrad atau biasa disebut rantai keteng yang terhubung dari poros connecting rod atau poros kruk-as.

Teknologi ini membuat buka-tutup klep lebih presisi yang membuat tenaga yang dihasilkan mesin menjadi lebih maksimal dibanding teknologi sebelumnya.

Mesin dua silinder segaris dengan kapasitas 650 cc nya memiliki jeda 360 derajat antar silindernya, dengan kata lain kedua piston berada pada posisi Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) secara bersamaan.

Hal tersebut membuat power yang dihasilkan menjadi besar, seolah-olah dua mesin dijadikan satu, meski ada kelemahan ya itu getaran yang dihasilkan ketika mesin posisi idle menjadi besar. Namun getaran tersebut yang membuat sensasi mengendara XS650 menjadi berbeda, dan sensasi tersebut banyak dicari penggila motor klasik saat ini, XS650 menjadi motor yang diincar dan memiliki harga jual tinggi saat ini.

Yamaha XS650 pernah dibawa Kenny Robert menjuarai AMA Grand National Championship, selama dua tahun berturut-turut, 1973-1974 Robert menjadi juara umum diatas XS650.

Dengan kelebihan tersebut, kepolisian di beberapa Negara bagian Amerika Serikat menggunakan XS650 sebagai kendaraan patroli, tak jarang digunakan untuak mengejar pelanggar lalu lintas yang menggunakan motor dengan kapasitas mesin lebih besar. (federaloil.co.id)