alexa

DETAIL NEWS

Sejarah Zebra Cross, Pernah Berwarna Kuning

Date : 15 Februari 2016 , Post Via : adit, Views : 2944



 

Sedikit yang tahu bahwa zebra cross atau jalur penyebrangan bagi pejalan kaki di jalan raya berasal dari salah satu kota di Inggris, tepatnya kota Slough. Yang unik adalah, di awal kemunculannya sempat berwarna kuning, bukan putih seperti saat ini.

Sejarah mengatakan bahwa korban akibat kecelakaan lalu lintas saat menyebrang jalan kerap terjadi di kota yang terletak di propinsi Berkshire ini. Maka pada 31 Oktober 1951 terciptalah apa yang kita kenaldengan zebra cross sekarang ini.

Selain pernah berwarna hitam-kuning, jalur penyebrangan ini pernah dicoba menggunakan berbagai cara. Misal dengan ditandai penanda logam, namun cara ini kurang efektif karena pengemudi mobil ataupun motor tidak bisa melihat penanda ini dari jarak jauh.

Sampai akhirnya penanda cat bergaris di jalanan merupakan hal yang menarik perhatian bagi pengendara. Lantas dipilihnya warna putih karena warna ini lebih terlihat dibanding warna kuning.

Konon sebutan zebra crossing tercetus secara spontan ketika Jim Callagan, politisi partai buruh yang kemudian menjadi Perdana Menteri Inggris ini pertama kali melihatnya. (federaloil.co.id)