alexa

DETAIL NEWS

Rumah Sekring Wajib Dirawat Jika Tak Ingin Mogok

Date : 20 Februari 2017 , Post Via : adit, Views : 4545

Sekring atau fuse meski kecil memiliki fungsi yang besar, mencegah terjadinya korsleting pada sepeda motor. Jika korslet terjadi, sekring akan memutus arus yang mencegah komponen yang dialiri listrik terlindungi.

Bentuknya yang kecil dan agak tersembunyi dibeberap motor membuatnya sedikit terabaikan, biasanya diletakan didekat accu. Penyakitnya, jika motor masih menggunakan accu tipe basah, rumah sekring ini seringkali terkena cipratan air accu.

Akibatnya adalah rumah sekring yang terbuat dari plastik ini akan meleleh atau pun komponen penghantar listrik didalamnya kengalami korosi yang mengakibatkan arus listrik terhambat.

"Paling buruk adalah keadaan tadi membuat arus listrik tidak mengalair sama sekali yang membuat motor tidak akan hidup. Seperti yang baru saja saya tangani, rumah sekring Yamaha Mio yang letaknya dekat dengan accu megalami kerusakan oleh air accu. Meski sekring diganti baru, arus listrik tidak dapat mengalir sempurna, akibatnya motor tidak bisa distarter karena alur listrik terhambat," ujar Aris, montir dari Super Federal Oil Center Gemilang Motor, Purwakarta.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Feders memantau kondisi rumah sekring secara berkala, sekalian di cek juga kondisi sekring, periksa apakah timbul korosi di kedua penghantar arus listriknya. (federaloil.co.id)