alexa

DETAIL NEWS

Subtitusi Per Kopling, Lebih Responsif Harga Lebih Murah

Date : 22 Agustus 2015 , Post Via : adit, Views : 109691

Lingkar ulir sama, tingginya pun sama tapi soal harga jauh berbeda, itu lah per Kopling Yamaha Jupiter Z dan Suzuki Satria FU150. Per tersebut dijual satuan alias diecer, Jupiter menggunakan 4 per sedangkan Satria memakai 5 per kopling.

Per kopling Suzuki Satria FU 150 memiliki kelebihan lebih cepat kembali keposisi merenggang, ini yang menyebabkan per tersebut membuat peregangan kopling menjadi responsif, akibatnya tenaga dari mesin cepat tersalur ke roda lebih cepat.

Jadi cukup beli 4 per saja jika akan diaplikasi pada Jupiter Z 110 cc atau Vega R yang juga bisa menggunakan per kopling Satria FU. Info ini di dapat dari Kris yang bukan mekanik tapi pramuniaga toko spare part dan bengkel Standard Motor di Kebagusan , Jakarta Selatan.

“Mekanik di sini hampir pasti mengganti per kopling Jupiter dan Vega pakai Satria FU, konsumen pun mintanya yang murah tapi dengan kualitas yang sama,” katanya sembari menyebut harga per kopling Jupiter Z yang Rp 14 ribu/buah dan Satria FU Rp 2.500/buah, kedua komponen tersebut asli alias genunine part dari pabrikan masing-masing.

(BACA JUGA)

Hindari Hal Ini Agar Kopling Motor Matic Awet

Cara Atasi As Roda Belakang Motor Matic Yang Macet

Secara fisik terlihat ada sedikit perbedaan pada diameter batang ulirnya, punya Satria FU lebih tebal 0.5 mm batang ulirnya dari per Jupiter dan Vega yang 2 mm, asumsinya daya renggang per akan lebih kuat dibanding aslinya Jupiter Z dan Vega R.

“Per lebih cepat dan lebih kuat merenggangkan kampas kopling, tenaga mesin lebih cepat tersalur. Jika saja Jupiter atau Vega sudah mengganti kopling otomatisnya dengan manual pasti terasa bukaan kopling lebih responsif hanya saja kelemahannya adalah tuas kopling akan lebih berat di tarik,” jelas Adi TJ dari Teluk Jambe Motor (TJM) Karawang yang juga melakukan subtitusi ini pada motor pasiennya.

Feders sekalian bisa mencoba langkah tersebut diatas, namun perhitungkan juga untung ruginya, namanya subtitusi, selain ada keuntungan juga ada kerugiannya.