alexa

DETAIL NEWS

Cara Darurat Jika Kabel Gas Motor Putus

Date : 18 Agustus 2015 , Post Via : adit, Views : 56317

Kabel gas putus biasanya tidak pandang waktu dan tempat, bisa terjadi dimana saja dan kapan pun. Repotnya terjadi di tempat yang terpencil, sehingga sulit mendapatkan suku cadang pengganti yang sesuai dengan jenis motor Feders. Jika ini terjadi, tak perlu ganti dengan aslinya, pakai punya Vespa cukup beli kabel gas saja.

Berbeda dengan part pengganti motor lainnya yang dijual satu paket berikut kabel luarnya, punya Vespa, dijual terpisah, jadi pemasangannya cukup mudah karena tidak perlu membuka coverbodi. Cukup mengeluarkan kabel gas yang putus dari rumahnya (kabel luar), setelah itu ganti dengan kabel gas Vespa, lumuri pelumas sebelum dimasukan kedalam rumah kabel (kabel luar).

"Yang perlu disiasati adalah menyangkutkan kabel pada tuas penarik skep karburator vakum, atau skep karburator,” jelas Agus dari Mawar Motor di bilangan Cinere. Pada motor berkarbu vakum, kabel Vespa tadi dikaitkan pada tuas penarik bukaan skepnya menggunakan nepel, "Pilih nepel untuk kabel kopling atau persneling Vespa yang ukuran nepelnya kecil sehingga masuk kedalam coakannya," terang Agus.

Sementara untuk yang karbu non vakum, kaitan di skepnya di akai dengan menggunakan benang jait tangdililitkan pada ujung kabel gas, “Gulung benang secukupnya sampai kabel tersangkut di skep karburator. Jika dirasa cukup,  lem gulungan benang tadi menggunakan lem kuat (power glue),” kata Agus, tapi sebelumnya ukur dulu kabel gas agar panjangnya pas kaitannya di karburator, karena kabel gas Vespa memiliki panjang 2 meter.