alexa

DETAIL NEWS

Aki Motor Cepat Tekor, Ini Beberapa Penyebabnya

Date : 04 Mei 2017 , Post Via : opix, Views : 3513

Beberapa Feders mungkin pernah punya pengalaman soal aki tekor, padahal jika diliat dari masa pakai, umur aki belum cukup lama. Tenang, tidak usah langsung memvonis kondisi aki sudah jelek, sebaiknya dicek dan diteliti terlebih dulu peranti yang berhubungan dengan aki.

Ada beberapa penyebab yang membust aki cepet tekor. Terutama bila motor milik Feders sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa adanya penyesuaian. Mau lebih jelas? Silahkan Feders simak lebih lanjut.

Bore-up
Banyak tunggangan yang sudah bore-up gede-gedean, tapi spul dinamo starter tidak ikutan di-upgrade. Ahhasil karena kompresi tinggi, dinamo starter enggak kuat untuk starter. Lantaran dipakas terus, akibatnya aki cepat ngedrop.

Lampu HID
Meski lebih terang dari lampu standar pabrik, namun peranti ini juga butuh suplai listrik lebih besar. Enggak sedikit bengkel yang hanya pasang lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada spul pengisian. Akibatnya aki cepat ngedrop.

Stop Lamp
Banyak kejadian stop lamp menyala terus, mungkin Feders enggak memperhatikan. Akibatnya arus listrik dari aki kesedot terus selama mesin hidup. Tak heran pula kalau aki cepat tekor. Biasanya terjadi karena setelan switch rem belakang berubah atau peranti tersebut memang rusak, ada juga karena handle rem yang menempel pada switch sudah terkikis.

Kiprok
Peranti ini berfungsi mengatur pengisian aki. Tapi kalau rusak atau bermasalah, efeknya aki overcharger maupun sebaliknya, yang berujung cepat tekor. Untuk mengetahui pengisiannya normal atau tidak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama. Gas dipanteng pada putaran mesin antara 4.000-5.000 RPM. Pengisian bagus tegangannya antara 14-15 Volt.

Klakson
Pemasangan klakson mobil di motor memang banyak dilakukan para pemilik motor. Namun peranti ini juga butuh suplai tegangan listrik yang cukup besar. Nah biar aki enggak gampang tekor, sebaiknya ditambah relay untuk menyetabilkan arus listrik.