alexa

DETAIL NEWS

Mengusung RON 90, Berikut Motor yang Cocok Menggunakan Pertalite

Date : 31 Juli 2015 , Post Via : opix, Views : 7558

Seperti yang diketahui, Bahan bakar minyak (BBM) Pertalite yang baru beredar di beberapa SPBU wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur memiliki research octane number (RON) 90, berbeda dengan jenis Premium yang memiliki RON 88. Feders mungkin bertanya-tanya, kira-kira apa hubungannya motor dengan RON atau oktan?

Oktan pada bahan bakar erat kaitannya dengan rasio kompresi, karena rasio kompresi adalah perbandingan antara volume langkah piston dengan volume ruang bakar saat piston pada posisi titik mati atas (TMA). Untuk itu  makin tinggi rasio kompresi mesin maka membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan makin tinggi (makin tahan tekanan tinggi sebelum terbakar).

Seperti yang diketahui, angka kompresi sepeda motor yang berdedar di Indonesia berbeda-beda, baik tipe 4-tak atau 2-tak. Rentang kompresi mesin sepeda motor ada pada 7:1 sampai 11,5:1. Nah, angka RON tadi harus disesuaikan dengan kompresi mesin.

Seperti yang diutarakan ahli Sistem Pembangkit Daya-Perawatan Mesin dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ir. Tri Yuswidjajanto. "RON 90 cocok untuk mesin dengan kompresi antara 9 sampai 10 banding 1, sedang diatas itu, sebaiknya sudah pakai RON 92." katanya yang dikutip dari otomotifnet.com.

Apakah motor Feders cocok menggunakan bahan bakar Pertalite? Silahkan liat pada buku manual kendaraan milik Feders jika ingin tahu spesifikasi detail kompresi.

Berikut daftar kompresi sepeda motor baru di Indonesia:

Kawasaki Ninja 250 : 11,3:1
Kawasaki Z250 : 11,3:1
Kawasaki Ninja RR Mono : 11,3:1
Kawasaki Z250SL : 11,3:1
Kawasaki Ninja 150 (2-tak) : 6,8:1
Kawasaki Estrella : 9.0:1
Kawasaki ER-6n : 10,8:1
Kawasaki Ninja 650 : 10,8:1
Kawasaki Vulcan S : 10,8:1
Kawasaki Versys 650 : 10,8:1
Kawasaki Ninja 1000 : 11,8:1
Kawasaki Ninja ZX-10R : 13,0:1
Kawasaki D-Tracker 250 : 11:1
Kawasaki KLX 250L : 11:1
Kawasaki KLX 150 : 9,5:1
Kawasaki Dtracker 150 : 9,5:1
Kawasaki KSR : 9,5:1
Kawasaki Athlete : 9.8:1
Kawasaki Pulsar 200NS : 11:1

Honda Supra X125 FI : 9,3:1
Honda Supra X125 Helm In : 9,3:1
Honda Revo FI : 9,3:1
Honda Blade 125 FI : 9,3:1
Honda Verza : 9,5:1
Honda New MegaPro FI : 9,5:1
Honda CB150R : 11.0 : 1
Honda CBR150R : 11.0 : 1
Honda CBR250R : 10.7 : 1
Honda BeAT FI eSP : 9,5:1
Honda Scoopy FI eSP : 9,2 : 1
Honda Vario 110 eSP : 9,2 : 1
Honda Vario 125 eSP : 11,0 : 1
Honda Vario 150 eSP : 10,6 : 1
Honda PCX 150 : 10,6 : 1

TVS Apache 180 : 9,5:1
TVS Apache 160 : 9,5:1
TVS Neo : 9,35:1

Suzuki Satria F150 : 10,2:1
Suzuki Alexo 125 : 9,5:1
Suzuki Nex : 9,4:1
Suzuki Address : 9.4:1
Suzuki Hayate : 9,6:1
Suzuki Inazuma : 11,5:1
Suzuki Thunder 125 : 9,2:1

Yamaha Byson : 9,5:1
Yamaha New V-Ixion : 10,4:1
Yamaha MT-25 : 11,6:1
Yamaha YZF-R25 : 11,6:1
Yamaha YZF-R15 : 10,4:1
Yamaha Scorpio Z : 9,5:1
Yamaha Mio J : 9,3:1
Yamaha Mio GT : 9,3:1
Yamaha X-Ride : 9,3:1
Yamaha Mio M3 125 : 9,5:1
Yamaha soul GT125 : 9,5:1
Yamaha Fino FI : 9,3:1
Yamaha GT125 : 10,9:1
Yamaha Xeon RC : 10,9:1
Yamaha NMAX : 10,5:1