alexa

DETAIL NEWS

Motor yang Ditinggal Mudik Wajib Ganti Oli

Date : 18 Juli 2016 , Post Via : adit, Views : 3199

Bagi Feders yang mudik tidak menggunakan motor kesayangan, bukan berarti bebas untuk tidak melakukan ganti oli selepas kembali dari kampung halaman, terlebih jika motor ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Penggantian oli dimaksudkan untuk memberikan pelumasan sempurna pada komponen mesin, oli yang lama tidak digunakan dan mengendap didalam mesin tentu memiliki struktur yang berbeda, belum lagi dengan tidak dihidupkannya mesin motor terjadi banyak proses di dalam mesin.

Misalnya saja adanya embun yang terbentuk di dalam mesin karena kondisi cuaca yang dingin akibat motor tidak pernah dipanaskan, embun tadi akan mempengaruhi kinerja oli. Jadi Feders, motor yang sudah lama tidak hidup ini jangan langsung dinyalakan.

Langkah pertama dalam posisi kontak ‘off’ motor di selah atau di engkol menggunakan kick stater selama beberapa kali, maksudnya agar oli yang mengendap di dasar crankcase bersirkulasi lagi ke semua bagian mesin, sekaligus menyapu embun pada beberapa bagian. Setelah itu barulah oli mesin dibuang atau dikuras, sebelumnya jangan lupa Feders siapkan oli penggantinya, tentu Federal Oil yang memiliki spesifikasi untuk semua jenis motor yang beredar di Nusantara.

"Setelah oli baru masuk ke ruang mesin, cek juga bagian lainnya seperti kelistrikan, sistem bahan bakar, dan juga kondisi angina dalam ban. Pastikan semuanya dalam kondisi yang prima. Setelah mesin hidup, jangan langsung dipakai jalan, biarkan selama 3 menit untuk memberikan kesempatan mesin bekerja pada suhu ideal," ujar Adie TJ dari Teluk Jambe Motor, Karawang yang membagi tips ini.