DETAIL NEWS

Push Pull Throttle, Buka Tutup Gas Tetap Seirama dan Safety

Date : 04 Mei 2016 , Post Via : opix, Views : 4961

Munculnya tipe motor yang menganut tipe pengabutan injeksi terlihat ada yang beda jika dilihat pada bagian puntiran gas, yakni adanya 2 kabel yang menuju throttle body, sistem ini disebut push pull throttle.

Kabel gas dengan model seperti ini sudah lama diterapkan pada motor, meski masih mengandalkan sistem pengabutan tipe karburator, teknologi push pull throttle umumnya dianut pengabutan yang menggunakan butterfly bukan skep. "Baik karburator atau injeksi yang menggunakan butterfly biasa menggunakan push pull throttle, umumnya bagi yang sudah menganut throttle body besar contohnya pada motor sport," terang Sarwono Edhi, Technical Training Development PT. Astra Honda Motor (AHM)

Apa sih fungsinya?  "Sistem ini membuat kerja butterfly jadi seirama dengan putiran gas, buka tutup jadi lebih responsif,” kali ini  M. Abidin, GM Technical Service PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang menjelaskan.

Maksudnya, saat selongsong gas diputar, satu kabel gas yang menempel pada throttle drum berfungsi sebagai penarik hingga membuat butterfly jadi terbuka, sedang satu kabel gas lagi berfungsi sebagai kebalikannya, menutup butterfly bersamaan dengan bantuan pegas.

Namun hal ini bukan hanya berfungsi membuka tutup butterfly, ada alasan jelas pabrikan membuat model sepeti itu. Lebih kepada unsur safety, pasalnya saat butterfly membuka penuh ada kemungkinan tidak kembali menutup meski pada bagian throttle drum sudah dilengkapi per.

Jadi selain membuat bukaan gas lebih responsif dan ringan, push pull throttle juga berfungsi sebagai safety Feders. (federaloil.co.id)
 

Photo: hondatwins.net