alexa

DETAIL NEWS

Tekanan Angin Ban Standar dan Lebar, Ada yang Sama dan Berbeda

Date : 09 Oktober 2016 , Post Via : adit, Views : 13002

Ukuran lebar ban luar bawaan pabrik untuk sepeda motor yang beredar di Indonesia rata-rata 70 mm untuk depan dan 80 mm untuk belakang, ini berlaku untuk motor tipe matik dan underbone, sementara itu untuk tipe sport lebih lebar dibanding kedua tipe tadi.

Ukuran angin yang dianjurkan pabrikan adalah antara 23 – 31 Psi, untuk ban depan antara 23 – 25 Psi dan ban belakang antara 29 – 31 Psi, perbedaan tersebut tergantung kebutuhan. Karena ukuran kekerasan angin ban berhubungan dengan beban yang sering di bawa motor tersebut.

Saat ini sudah biasa jika bikers mengganti ban motor standar dengan ban yang memiliki ukuran lebih lebar, misal lebar ban depan diganti dengan ukuran 80 m dan belakangnya 100 mm, bahkan ada yang lebih besar.

Menurut Bagus Ardian selaku Marketing Communication Manager Planet Ban. "Ukuran lebar ban tidak berpengaruh langsung pada tekanan Psi nya, ada yang sama saja ada pula yang berbeda, tergantung merek ban," ungkap Bagus seraya menerangkan volume ban yang lebih besar tidak menuntut tekanan angin yang besar pula.

Artinya, tekanan angin ban tetap berpegangan pada standar pabrikan, meskipun ban lebih besar, tapi angin yang dibutuhkan tetap sama dengan ban ukuran lebih kecil. Kalaupun ada perbedaan ukuran kekerasan itu dipengaruhi oleh merek ataupun jenis ban yang dipakai.

"Tiap pabrikan ban punya standar masing-masing mengenai tekanan angin, dan kalaupun ada perbedaan tidak lebih dari 2 Psi. Maka dari itu baiknya dicek langsung pada kemasan atau di dinding ban luar, ada patokan ukuran maksimal Psi-nya, dan umumnya sama dengan ukuran tekanan angin ban standar,” tutup Bagus. (federaloil.co.id)