alexa

DETAIL NEWS

Bukan Hanya Fuel Injection, Ini Perbedaan di All New Yamaha Byson FI

Date : 19 Juni 2015 , Post Via : opix, Views : 8192

Secara kasat mata memang tidak ada perubahan yang berati, namun nyata All New Yamaha Byson FI punya sederet ubahan. Bukan hanya sistem pengabutan yang sudah Fuel Injection, beberapa komponen lainnya juga memiliki perbedaan dari versi sebelumnya. Yuk simak lebih lanjut.

Ada perbedaan pada sektor mesin terutama soal kapasitas, jika sebelumnya 153cc pada All New Yamaha Byson FI sedikit lebih kecil yakni 149,3cc. Hal ini didapat karena penggunaan diameter piston yang lebih kecil yaitu 57,3mm, sedang untuk stroke atau langkahnya masih sama 57,9mm. Otomatis tenaga yang dihasilkan jadi sedikit turun sekitar 0,7 HP.

Meski ada sedikit penurunan power, hal ini juga diimbangi dengan beberapa pengurangan bobot pada kendaraan, sehingga Power-to-weight ratio tetap terjaga. Seperti kata M Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). "Powernya memang sedikit turun tapi bobotnya lebih ringan 3 kg, sehingga power to weight ratio-nya lebih baik. Akselerasinya juga lebih baik 1 detik dalam jarak 400 meter," urainya.

Masih kata Abidin, penurunan kapasitas mesin ada alasan yang cukup logis terlebih soal emisi. "Penurunan kapasitas ruang bakar adalah kombinasi yang pas agar bisa lolos homologasi euro3 tanpa mengurangi performanya dan mendapatkan fuel consumption yang baik lebih irit hingga 18 persen dari versi karburator," tambahnya.

Penyempurnaan lainnya ada pada komponen pendukung ruang bakar, seperti profil noken-as, fuel pump dan ECU. "Profil camshaft berbeda dari versi India. Di India lebih kejar irit, sedang di Indonesia kita mau performannya juga tetap baik," masih kata Abidin.

Urusan throttle body All New Yamaha Byson FI masih mengadopsi saudara satu tipenya, yakni Yamaha New V-Ixion. Mengusung diameter 28mm dan injektor 6 lubang yang punya tekanan 250 kpa. Sensornya juga sama seperti V-Ixion.

Pada bagian kaki-kaki juga ada perbedaan, All New Yamaha Byson FI menggunakan ban belakang ukuran 130/70-17 satu tingkat lebih lebar dari sebelumnya. Sedang untuk suspensi ada revisi di sok belakang yang karakternya dibuat lebih lembut serta tetap mempertahankan sok depan yang memiliki diameter 41 mm.

YIMM melepas motor baru ini dengan harga Rp 21,65 juta on the road Jakarta. (federaloil.co.id)

Spesifikasi All New Yamaha Byson FI:

Dimensi
P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda : 1.340mm
Jarak terendah ke tanah : 170mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 133kg
Kapasitas tangki bensin : 12L

Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
Volume Silinder : 149,3 cc
Diameter x Langkah : 57,3mm  x  57,9mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 13,06 /8000 rpm
Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5

Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : drum brake

Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CPR8EA-9