alexa

DETAIL NEWS

Pelumas Racing Belum Tentu Baik Untuk Harian

Date : 26 Mei 2015 , Post Via : opix, Views : 7574

Predikat racing pada suatu produk sering kali mengecoh kalangan umum, sama seperti pelumas racing yang sering dianggap pelumas paling baik untuk motor harian. Tak sedikit yang menggunakan pelumas spesifikasi racing untuk sepeda motor harian.

Faktanya, pelumas atau oli racing memang memiliki kualitas tertinggi diantara line up oli lainnya. Tapi tak lantas oli racing merupakan pelumas yang paling baik untuk motor harian. Malah yang mengagetkan adalah oli racing tidak cocok untuk motor harian, berlaku juga sebaliknya.

"Masing-masing mesin, harian dan racing memiliki kebutuhan hydrodynamic lubrication yang saling berbeda," tutur Ir. Priyo Aripurwadi MBA. MSc, Direktur R&D dan Product Development PT Federal Karyatama (FKT).

Ternyata antara oli harian dan oli racing memiliki base oli yang berbeda, hanya saja spesifikasi detailnya tidak akan tertera pada kemasan oli racing karena hal tersebut merupakan rahasia produsen. "Acuannya lebih pada uji performance, viscocity index yang tinggi atau berada diatas angka 100," ujar Priyo.

Kebutuhan mesin standar dan mesin racing sangat berbeda, paling mudah adalah oli harian memiliki kemampuan untuk meredam suara mesin menjadi lebih halus, hal ini berhubungan dengan presepsi kebanyakan masyarakat bahwa mesin yang baik itu adalah mesin yang tidak berisik, padahal tidak seperti itu.

Sementara oli racing lebih fokus pada pelumasan maksimal untuk mesin dan material yang di desain khusus untuk menghasilkan peforma lebih. Dua hal yang menjadi perhatian produsen meracik oli racing yaitu pengendalian suhu dan gesekan. Artinya, oli mesin standar merupakan oli terbaik untuk mesin harian, asalkan menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan pabrikan. (federaloil.co.id)