DETAIL NEWS

Cegah Panas Berlebih Pada Motor Matik, Oli Spesial Solusinya

Date : 09 Mei 2015 , Post Via : emir, Views : 3489

Pakai motor matik salah satu solusi pintar buat jalanan yang memiliki kepadatan lalu lintasnya yang cukup tinggi, selain simple nggak perlu repot ganti perseneling atau tangan jadi kram gara-gara ‘ngopling’ di kemacetan, motor matik juga jadi gaya hidup masa kini.

Namun ada tapinya nih, karena desainnya yang sedemikian rupa membuat mesinnya jadi tertutup dan hanya mengandalkan pendinginan kipas. Tidak sedikit motor matik kerap kali mengalami panas mesin berlebih/overheat saat dipakai sehari-hari. Akibatnya, selain tenaga motor jadi tidak bertenaga, pengeluaran bahan bakar juga jadi tak seimbang alias boros.

"Sebenarnya sih fenomena overheat di motor matik sudah menjadi perhatian sejak lama. Penyebab utama gejala ini terjadi bisa dari mulai cara perawatannya, aktivitas sehari-hari, atau cuaca panas yang ekstrim, terutama dalam pemakaian oli mesin," urai Triputranto Priyo Aripurwadi, selaku Technical, Engineering & Product Development PT Federal Karyatama.

Pasalnya fungsi dasar oli adalah untuk meminimalisir gesekan antarkomponen dan mendinginkan mesin saat bekerja. Kalau sampai disepelekan tentu bikin kantong jebol. "Oleh karena itu, gunakan oli yang sesuai spesifikasi mesin serta pakai oli yang spesialis mendinginkan mesin," tambah Priyo.

Nah Feders, udah tau kan alasan kenapa harus pakai oli spesial, bukan hanya zaman sudah serba spesial tapi oli juga harus yang spesial. Seperti penjelasan di atas, karena oli spesial akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Oli spesial akan bekerja di dalam mesin dan di saluran ruang bakar dengan lebih sempurna sehingga motor matik yang karakternya gampang panas jadi stabil.

Pasti Feders pengin motor matiknya setiap buka gas langsung ngacir, kan? Itu dia, ganti oli standar Feders dengan oli spesial, Federal Matic. (federaloil.co.id)