alexa

DETAIL NEWS

Wow, Thailand Punya Sirkuit MotoGP

Date : 14 November 2014 , Post Via : admin, Views : 3493

Wow, Thailand Punya Sirkuit MotoGP/Federal Oil

Salah satu Negara Asia Tenggara yang terkenal akan pariwisatanya, Thailand kali ini menghadirkan sesuatu yang berbeda. Yakni menghadirkan sirkuit bertaraf Internasional.

Sirkuit yang diberi nama Buriram United International Circuit (BUIC) ini terletak 392 kilometer dari Ibu Kota Thailand, Bangkok. Sirkuit yang dibangun pada bulan Maret 2013 lalu, resmi di buka pada 4 Oktober 2014 silam. Pembangunan sirkuit yang dapat digunakan untuk menghelat balapan sekelas Formula 1 dan MotoGP ini membutuhkan dana yang tak sedikit.

Sang pemilik BUIC yang juga pemilik tim sepak bola Buriram United FC, Newin Chidchob menggelontorkan dana mencapai 2 miliar bath atau sekitar Rp 740 miliar. Sirkuit yang menjadi kebanggaan Thailand ini memiliki panjang 4,554 kilometer dengan variasi 12 tikungan dihadirkan pada sirkuit ini.

Memiliki kapasitas lebih dari 50.000 penoton BUIC juga telah bersertifikat tertinggi dari FIM dan FIA. Untuk sertifikat FIM sirkuit ini masuk kedalam Grade A yang berarti Buriram United International Circuit dapat menggelar ajang sekelas MotoGP. Begitu pula sertifikat dari FIA yang masuk dalam Grade 1, mengartikan BUIC dapat menggelar balap Formula 1.

Dengan semakin banyaknya Sirkuit bertaraf Internasional di kawasan Asia Tenggara seperti Sepang (Malaysia), Buriram united International Circuit (Thailand), dan juga Sirkuit jalan raya di Singapura tampaknya balap sekelas Formula 1 dan MotoGP akan sering mampir di Asia Tenggara.