alexa

DETAIL NEWS

Resiko Pakai Pelek Cacing yang Mematikan

Date : 26 November 2017 , Post Via : tigor, Views : 202
Foto : Otosia

Feders, tidak sedikit pemilik motor yang terpikat dengan gaya modifikasi ala-ala thailook yang kebanyakan model modifikasinya mengapilikasi ukuran pelek dan ban yang lebih kecil, alias ban cacing.

Lantas apa kerugian mengganti ban dan pelek ukuran standar menjadi lebih kecil saat berkendara sehari-hari?
 
Menurut PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat, pertama pemakaian ban kecil atau cacing bisa berakibat kurang stabilnya sepeda motor pada saat digunakan, terutama pada saat berbelok atau dipacu dengan kecepatan tinggi. 
 
Kemudian ban kecil kurang bisa menahan dengan maksimal bobot dari pengendara.
 
Kedua, efek menggunakan ban kecil dalam kondisi di jalan basah atau sedang hujan kurang stabil pada saat pengendalian.
 
Sementara dampak keriga saat digunakan jarak jauh, juga lebih berbahaya.
 
Pada dasarnya ban pada sepeda motor berfungsi mengendalikan laju sepeda motor. 
 
Roda depan berfungsi untuk membelah debu atau air ketika kondisi basah dan roda belakang berfungsi untuk mencengkram jalan atau meneruskan tenaga dari mesin. 
 
Sehingga penggunaan ban kecil yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan menyebabkan fungsi dasar dari ban akan sangat berkurang dan berisiko terhadap keselematan berkendara. 
 
Selain itu performa dari sepeda motor akan berkurang.
 
Jika pun ingin mengganti ban, Honda menyarankan bisa diupgrade sedikit ke ukuran yang lebih besar, contohnya dari ukuran 90/80 menjadi 100/80 atau 100/70 sehingga perbandingan antara tinggi dan lebar ban tidak terlalu jauh, dan aspek performa serta safetynya masih terjaga.
 
So, pikir-pikir lagi deh Feders untuk mengaplikasi ban cacing pada motor kesayangan kita. Keep safety riding first. (Federaloil.co.id)