DETAIL NEWS

Motor Kustom Ini Pakai Mesin VW 1600, Lebih Stabil Karena Alasan Ini

Date : 01 Desember 2017 , Post Via : tigor, Views : 765
Foto : Rockomotif.com

 

Feders, Lulut Wahyudi selaku pegiat Kustomfest beberapa waktu lalu coba membuat motor kustom dengan menggunakan mesin VW.

"Motor ini semua komponen dari VW kombi, mesin, transmisi, rangka. Rangka semua dibuat di Yogya," kata Lulut.
 
Motor berkonsep chopper yang diberi nama Volkswagen Motorcycles ini berbasis mesin VW 1600 dual port yang dirancang untuk pecinta VW dan kustom kulture, dan dibuat selama 29 hari saja.
 
Ia meracik frame DOM tubing 1,25 dan 1,5 inci serta sudut rake 30 derajat untuk bisa mendudukannya dengan mempertimbangkan akurasi antara dimensi dan bobot mesin untuk menjadi sumber tenaganya. 
 
 
Kemudian merancang ulang sistem transmisi karena dibuat pengoperasianya seperti mengendarai motor pada umumnya. 
 
Misal, kopling dipindahkan ke bagian setang secara hidraulic agar bisa dioperasikan layaknya motor. Demikian halnya dengan transmisi yang ditempatkan di kaki dengan mekanis khusus sebanyak 4-speed. 
 
"Justru dengan mesin VW, motor lebih stabil daripada mesin berdiri karena dia mesin rebah,"kata Lulut.
 
Semua bagian bodi terbuat dari bahan aluminium dikombinasikan warna red flat untuk konstruksi frame serta aksen artwork berupa pinstriping dan lettering. 
 
 
Untuk menjaga performa saat dikendarai, Volkswagen Motorcycles ditopang fork depan teleskopik 41 mm hardchrome dari Mid USA serta bagian belakang Ohlins adjustable.
 
"Yang paling susah itu didesain, mencari center balance ini memakan waktu," katanya.