alexa

DETAIL NEWS

Pemanasan Sebelum Riding, Penting Bro!

Date : 06 Januari 2017 , Post Via : admin, Views : 3171

Tips Berkendara, Tips Motor, Pemanasan Sebelum Riding

Naik motor itu seperti berolahraga. Karena saat riding, ada pergerakan otot, sendi dan tulang. Kan saat belok, bermanuver, buka gas maupun ngerem, membutuhkan gerakan dari ketiga organ tadi. Nah, karena mirip olahraga, maka wajib hukumnya melakukan pemanasan sebelum berkendara. Hanya perlu 5 sampai 10 menit saja.

Kenapa wajib? “Karena dengan pemanasan maka akan memberikan oksigen yang cukup untuk mengalir di darah setelah semalam kita tertidur. Darah yang kaya oksigen inilah yang mengalir ke otot sehingga siap untuk bekerja lebih keras saat kita bermanuver di motor,” jelas Agus Suhanda, instruktur fitness di Tangerang yang akrab disapa Handa. Biar terhindar dari berbagai cedera itu, Handa memberikan resep gerakan sederhana.

Pertama tidurlah di lantai dengan posisi tengkurap. Kaki lurus dan lemaskan. Letakkan kedua telapak tangan ke samping perut. Kemudian angkat bagian dada dan kepala ke atas. Posisi seperti push up, hanya saja kaki tetap lurus dan lemaskan. Kuncinya, lengan harus lurus, jangan tertekuk dan dada membusung. Biar jelas silakan langsung lihat foto di atas.

Lalu angkat dagu ke atas dan tahan selama 8 detik. Kemudian turunkan dagu hingga mata melihat lantai. Tahan selama 8 detik. Ulangi gerakan yang sama 3 kali. Kemudian, putar kepala dan bahu ke kanan sejauh yang sobat bisa. Lakukan secara perlahan. Rasakan peregangan pada otot bahu, punggung dan kaki kiri. Tahan selama 8 detik. Lalu kembalikan badan pada posisi lurus.

Ganti gerakan berlawanan dengan menoleh ke kiri. Lakukan persis dengan gerakan tadi. Ulangi gerakan minimal 2 kali. Rasakan badan sobat akan terasa bugar, siap berkendara.