alexa

DETAIL NEWS

Fakta, Ngerinya Dampak Kecelakaan Bermotor Jika Tidak Menggunakan Helm

Date : 15 Juni 2018 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 877
Foto : Motorcyclenews.com

Feders, tidak sedikit yang masih mengabaikan fungsi helm, dengan berbagai alasan mereka selalu membenarkan kelakuan yang kurang baik ini saat berkendara motor.

Hal yang lebih dalam lagi beranggapan bahwa, kalau memakai helm justru lebih berbahaya karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya leher patah.

Tapi semua alasan itu dibantahkan oleh sebuah studi dari University of Wisconsin.

Dikutip dari media visordown.com para peneliti menemukan bahwa selain mencegah cedera kepala, berkendara menggunakan helm justru bisa menurunkan resiko cedera pada tulang belakang servikal.

Teorinya, beban berat helm bisa menyebabkan tekanan ekstra pada leher dalam sebuah kecelakaan.

Tapi studi baru menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan risiko cedera leher, dan sebenarnya helm bisa membantu melindungi tulang belakang.

BACA JUGA : Puas dengan Hasil di Jerez, Navarro Siap Hadapi MotoGP Qatar

Mengambil sampel 1.061 kecelakaan sepeda motor yang dirawat di Wisconsin antara tahun 2010 dan 2015, studi tersebut menemukan bahwa 323 memakai helm dan 738 tidak menggunakan helm.

Dalam 7,4 persen kasus dimana pengendara mengenakan helm, ada luka di tulang belakang servikal. Tapi itu naik menjadi 15,4 persen, rasio melonjak dua kali lipat ketika mereka tidak mengenakan helm.

Jadi, masih enggak mau pakai helm kalau naik motor? (Federaloil.co.id)