DETAIL NEWS

Jaga Filter Udara Tetap Bersih, Hindarkan Skutik dari Penyakit

Date : 07 Juni 2016 , Post Via : admin, Views : 4895

Filter Udara, Filter Udara Motor Matik, Tips Perawatan Sepeda Motor, Tips Rawat Motor Matik, Tips Rawat Filter Udara

Pengguna sepeda motor matik pasti pernah merasakan motor terasa berat saat dijak berakselerasi. Karena itu, konsumsi BBM jadi lebih boros dan asap knalpot menjadi kehitaman.

Filter udara yang kotor menjadi salah satu penyebab dari masalah di atas. Dilihat dari fungsinya, filter udara berfungsi menyaring udara yang akan masuk karburator atau throttle body.

Jika filter kotor, udara yang terisap masuk ke dalam silinder jadi sedikit jumlahnya. Sehingga campuran gas bakar tidak homogen yang menyebabkan mesin tidak bekerja secara optimal.

Campuran gas bakar yang tidak homogen membuat pembakaran tidak sempurna karena kandungan uap bahan bakar dan udara tidak sesuai dalam hal ini lebih banyak uap bahan bakar dibanding udara. Akibattnya masih ada bahan bakar yang tersisa sehingga menimbulkan lebih banyak kotoran berupa arang hitam, jika keadaan ini berlanjut arang sisa pembakaran tadi menjadi kerak di ruang bakar.

Hal ini akan membuat tenaga mesin motor menjadi lebih kecil, pengendara akan lebih dalam memutar selongsong gas namun tenaga motor tidak akan keluar secara maksimal, ujung-ujungnya pemakaian bahan bakar menjadi borot.

Maka itu jangan lupakan untuk selalu memeriksa kondisi filter udara motor kamu ya Feders. (federaloil.co.id)