DETAIL NEWS

Federal Matic, Pelumas Skutik Berstandar Internasional

Date : 26 April 2013 , Post Via : admin, Views : 10808

Federal Matic, Pelumas Skutik Berstandar Internasional

pelumas motor matik, pelumas federal oil, federal matic, federal matic 30, federal matic 40, spesifikasi oli motor matik

Pembahasan mendalam seputar motor matik, jelas membuka mata 130 peserta yang hadir di Auditorium Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur kemarin (25/4). Salah satunya adalah memahami spesifikasi khusus pelumas motor matik.

Heru Purwoko, Product Department Head PT Federal Karyatama mengatakan masyarakat jangan sampai salah dalam memilih oli sepeda motor matik. "Membedakan oli untuk sepeda motor bertransmisi otomatis sangat mudah. Perhatikan saja spesifikasi JASO-nya MA atau MB," buka salah satu pembicara di acara "One Day Workshop, The Other Side of Modern Matic" ini.
Heru Purwoko, Product Department Head PT Federal Karyatama, Federal Oil
"JASO adalah standarisasi dari Jepang, singkatan dari The Japanesse Automobile Standars Organization. JASO sendiri ada 2, JASO MA dan JASO MB. JASO MA untuk mesin berkopling basah. Sedang JASO MB untuk mesin kopling kering," paparnya lagi.

Tipe motor dengan kopling kering terdapat pada motor matik yang memiliki transmisi CVT dimana koplingnya tidak terendam oli. "Jadi untuk motor matik pilih yang menggunakan standarisasi JASO MB," lanjut Heru.

Untuk mendapatkan pelumas berstandar JASO, Federal Oil harus melakukan uji friksi atau gesekan. Nah, pelumas dalam negeri ini pun melakukan pengujiannya di Jepang.
 API Service Federal Oil, JASO MB Federal Matic, Federal Matic 30, Federal Matic 40, Produk Federal Oil  
Selanjutnya, jika anda melihat spesifikasi yang tertera pada kemasan Federal Matic atau pun produk Federal Oil lainnya, maka akan terdapat tulisan API (American Petroleum Institute) Service. Dimana API adalah proses pengujian zat aditif yang menjadi ketentuan produsen pembuat aditif di negara asalnya.

Berbeda dari produsen oli lainnya, Federal Oil menggunakan zat aditif dengan kandungan 'heat protection formula'. Dengan zat ini, mesin motor matik yang cenderung cepat panas akan tetap dingin. Inilah mengapa Federal Oil mengusung tagline "Federal Matic Spesialis Dingin".

Lebih lanjut Heru mengatakan pengguna motor matik juga harus memperhatikan klasifikasi kekentalan atau viskositas pelumas yang ditentukan pabrikan untuk sepeda motor yang dibuatnya. Contohnya : Jika pabrikan merekomendasikan oli dengan spesifikasi SAE 10W-30, maka oli yang digunakan harus sama. Cara juga sangat mudah, anda tinggal melihatnya pada kemasan oli.

Bagi anda yang tidak berkesempatan mengikuti acaranya, tenang karena gelaran One Day Workshop, The Other Side of Modern Matic yang merupakan hasil kerjasama Federal Oil, PT Astra Honda Motor dan Otomotifnet.com akan berlangsung di 4 kota. Simak juga ulasannya di www.federaloil.co.id