DETAIL NEWS

Spesifikasi Federal Oil Berstandar Internasional

Date : 23 Februari 2013 , Post Via : admin, Views : 7962

Spesifikasi Federal Oil Berstandar Internasional

federal oil, federal matic, federal matic 30, federal matic 40, pembuatan federal oil, produk federal oil

Produk Federal Oil punya standar internasional. Sebagai bukti, beberapa waktu lalu PT Federal Karyatama membuka diri dengan mengajak langsung beberapa komunitas roda dua dan pengguna sepeda motor lain untuk melihat langsung bagaimana Federal Oil diproduksi.

Federal Oil mengusung visi menjadi perusahaan pembauran dan pengemasan pelumas yang memenuhi standar internasional. Untuk itu, memenuhi spesifikasi produk berdasarkan syarat teknis yang ditetapkan adalah harga mutlak!  

Sebelum memproduksi satu jenis oli, tim teknis dari PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil meracik dulu formulasi dasarnya. “Formula dasar ini kita bangun melalui uji laboratorium dan lapangan. Proses ini dilakukan sebelum diproduksi secara massal,” jelas Priyo Aripurwadi, Technical Director PT Federal Karyatama.

federal oil, produksi federal oil, pabrik federal oil, pembuatan oli, proses pembuatan oli, oli federal

Dalam tahap pengujian yang dimaksud, Federal Oil harus memenuhi syarat teknis seperti memenuhi standar SAE. Juga memenuhi standard API (American Petroleum Institute) berdasarkan uji additive yang dilakukan produsen pembuat additive di negara asalnya.

Yang tidak kalah penting adalah melakukan uji friksi agar memenuhi standar JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yang ditetapkan. Untuk bagian uji friksi pihak PT Federal Karyatama melakukannya di Jepang.

Jika resepnya sudah di tangan, tinggal dilakukan proses produksi. Material pertama yang harus ada adalah base oil. Untuk Federal Oil, digunakan base oil terbaik dengan kadar sulfur sangat rendah yaitu kurang dari 0,3 persen.

Langkah lanjutan adalah base oil ini dicampur dengan polimer untuk mendapatkan nilai SAE lewat proses blending. SAE adalah klasifikasi oli menurut viskositasnya, seperti 10W-30 atau 20W-40. Sedikit berbeda, proses blending base oil dan polimer yang dilakukan oleh PT Federal Karyatama menggunakan tangki berbentuk tabung berukuran besar.
produksi federal oil, robot federal oil, federal oil robotic, federal oil, kemasan federal oil
Hal ini dilakukan karena polimer yang digunakan Federal Oil berbeda dengan produsen kebanyakan. "Federal Oil menggunakan polimer yang berbeda. Material dasarnya lebih besar sehingga butuh alat yang lebih besar pula. Polimer yang kita pakai ini memiliki keunggulan lebih liat," jelas Priyo.

Setelah itu, oli hasil blanding base oil dan polimer dicampur dengan additives package. Proses pencampuran ini dilakukan di suhu yang sangat tinggi. "Kami mengistilahkannya dimasak," kekeh pria ramah ini.

"Karena semua serba otomatis, pada proses ini hanya sedikit sekali operatornya. Tenaga manusia hanya untuk mengontrol semuanya berjalan sesuai prosedur," tambah Priyo.

Setelah matang, oli harus didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Baru setelah itu, oli siap dimasukan ke area pengemasan yang juga dilakoni oleh sang robot. Canggih!