DETAIL NEWS

Kesalahan Yang Membuat Kampas Rem Cepat Habis

Date : 05 Januari 2021 , Post Via : Admin, Views : 1480

Kesalahan Yang Membuat Kampas Rem Cepat Habis

Feders-Dalam buku petunjuk manual produk Sepeda Motor, telah dijelaskan untuk rata-rata interval pemakaian kampas kopling ini sekitar 15.000 – 20.000 Km, atau jika kendaraan digunakan dalam pemakaian normal, usianya bisa sampai 2 tahun, baru pengendara dapat melakukan pergantian. 

Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan kondisinya bisa lebih buruk dalam waktu lebih cepat. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh setiap pengendara motor sport, agar kampas kopling bisa lebih awet.

Membuka/ Tutup Kopling
Kejadian ini jelas saja merupakan tindakan yang salah, walaupun pada dasarnya tidak menjadi masalah pada mesin ataupun gear yang digunakan untuk berkendara jika hanya sesekali saja. 

Akan tetapi sebaiknya hindari betul hal semacam ini agar tidak merusak kampas kopling. Terlebih jika pengendara juga menghentak-hentakkan tuas gas, yang menjadikan perputaran mesin yang terhubung pada kampas menjadi lebih kencang, sehingga tingkat kecepatan yang harus ditahannya lebih besar.

Baca Juga: Tips Merawat Motor di Rumah Selama Pandemi

Menggantung Tuas Kopling
Perilaku pengendara buruk berikutnya yang harus dihindari agar kampas kopling tidak cepat aus lainnya yakni menghindari untuk menggantung tuas kopling. Beberapa pengendara kebiasaan untuk melakukan ini, lantaran agar mudah untuk masuk ke gigi berikutnya atau mungkin ingin berkendara santai dalam keadaan kopling yang tinggi.

Kebiasaan Menahan Tuas Kopling
Hal yang harus dihindari oleh pengendara berikutnya yakni menahan tuas kopling secara terus menerus, ini bisa membuat kampas kopling lebih cepat aus ketimbang keadaan biasanya. Pengendara melakukan ini biasanya saat berhenti lama, seperti berada di lampu merah misalnya. Kemudian pengendara menahan tuas kopling dalam keadaan posisi gigi masih masuk. Jelas ini tidak sehat untuk kendaraan kalian sendiri.

Baca Juga: Habis Touring Pakai Motor Matik, Cek Bagian Berikut Ini

Tidak Ada Jeda Sama Sekali
Kebiasaan yang harus mulai dibiasakan oleh pengendara motor sporty yakni melakukan jeda berhenti sekitar 1 menitan, dimana pada dalam keadaan ini tuas kopling bisa dibiarkan saja dan posisi gigi berada dalam keadaan netral.

Setelan Terlalu Dekat
Mungkin ini bukan salah pengendara, dan jika di service di tempat yang paham maka akan tidak terjadi setting gerigi terlalu dekat seperti ini. 



contoh bottom frame
x