DETAIL NEWS

Mau Beli Motor Seken, Simak Tips Supaya Aman Membeli Motor Sport Bekas

Date : 01 April 2021 , Post Via : Admin, Views : 896

Mau Beli Motor Seken, Simak Tips Supaya Aman Membeli Motor Sport Bekas

FEDERS - Membeli motor sport bekas menjadi solusi bagi yang tidak mau membeli baru. Tapi dalam membeli motor bekas kamu harus waspada dan pintar memilih.

Jika kamu mau membeli motor bekas, berikut ini tipsnya supaya kamu benar-benar mendapatkan motor impian kamu.

Sedikitnya ada 6 bagian yang harus kamu cek, saat kamu beli motor seken, apa saja itu, yuk simak.

Yang pertama kamu harus cek bagian mesinnya, bagian mesin ini sangat penting, kamu bisa lihat ada rembesan oli apa tidak.

Baca Juga: Federal Ultratec Matic, Cocok untuk Oli Sepeda Motor Matic yang Usianya Lebih Dari 5 Tahun

Jika ada rembesan oli dari blok mesin, menandakan karet sil sudah tidak berfungsi selain itu bisa juga ada komponen lain retak atau pecah, jika ada rembesan sebaiknya jangan pilih motor tersebut.

Untuk mengetahui mesin masih bagus atau tidaknya kamu bisa menghidupkan motor lalu dengarkan apakah ada bunyi aneh dari mesin atau tidak.

Jika ada suara mesin yang aneh di sekitar head silinder, bisa karena setelah klep yang mulai renggan atau rantai keteng yang sudah mulai kendur.

Akan tetapi jika bunyi mesin berada di bagian tengah mesin, kamu patut berhati-hati, kemungkinan komponen di bearing kruk as sudah renggang atau stang pistonya mulai kena.

Baca Juga: Selalu Jadi Solusi Pilihan Solusi Berkendara, Federal Oil Raih Wow Brand Award 2020 dan Indonesia Branding Campaign of the Year

Kedua yang harus dicek pada spido meternya kamu bisa lihat STNKnya lalu hitung jarak tempuh yang tertera pada spido meternya.

Jika motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh yang ada di spido meter hanya puluhan ribu patut dicurgai.

Jika motor benar-benar motor sehat, biasanya pada panel meter, lampu-lampu indikator masih menyala normal, seperti penunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh.

Langkah ketiga, jangan lupa cek kelistrikan motor, karena kelistrikan ini sangat penting untuk sepeda motor. Jika kelistrikan tidak bagus, bisa-bisa kamu bisa mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikannya.

Cek semua mulai dari lampu-lampu baik lempu belakangl, lampu depan serta lampu sein apalagi saat ini lampu motor sudah menggunakan LED, jika kelistrikan tidak ada masalah maka lampu LED jarang putus.

Baca Juga: Fabio Di Giannantonio: Podium ini Untuk Mendiang Fausto Gresini

Jika lampu sudah diganti bukan LED lagi atau bukan lampu standartnya, kamu patut waspada.

Yang ke empat lakukan test ride, ini sangat penting supaya kita benar-benar tahu kualitas motor sport bekas yang akan kita beli.

Dengan test ride kamu bisa mencoba melakukan perpindahan gigi dan menarik kopling, jika kamu merasa perpindahan transmisinya sulit atau keras bisa jadi kampas kopling sudah mulai habis.

Kelima kamu bisa cek bagian kaki-kakinya, apalagi kamu mau beli motor sport. Coba motor dipakai melewati jalan rusak dan melibas polisi tidur, apakah sok masih dapat meredam dengan normal atau sudah mati (letoy atau malah keras).

Jika sok masih bagus, saat melibas polisi tidur atau jalan bergelombang dia akan stabil, tapi jika ada goyangan kekiri atau kanan biasanya bearing roda sudah tidak bagus.

Yang terkahir, kamu harus periksa tangki bahan bakarnya, biasanya motor-motor yang sudah di atas 5 tahun akan terdapat karat di bagian tangki.Kamu juga bisa melihat kondisi bahan bakar yang ada di tangki.

Jika bensin terlihat keruh, ini bisa menjadi indikasi kalau motor sudah dalam kondisi lama tidak digunakan. (federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x