alexa

DETAIL NEWS

Motor Jadi Boros, Awas Salah Seting!

Date : 04 Januari 2017 , Post Via : admin, Views : 4671


Memperhatikan settingan motor seideal mungkin menjadi hal wajib. Bukan hanya membuat tarikan motor lebih enak, pemilik kendaraan juga bisa mendapatkan keuntungan lain yakni bisa menghemat BBM. Nah beberapa kesalahan bisa jadi merugikan karena kesalahan dalam melakukan penyetelan.

Klep Terlalu Renggang
Karena terus-menerus bekerja setingan klep bisa berubah, celah klep bisa makin renggang. Efeknya, selain suara mesin jadi berisik juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.
 
“Klep renggang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar karena asupan bahan bakar jadi membengkak,” tutur Asep Supriadi, mekanik rumahan di Jl Srengseng, Gg.bambu 2, No 31G Kembangan, Jakarta Barat.
 
“Tiap motor beda-beda tapi umumnya tetelan klep ideal adalah 0,05 mm baik untuk ex maupun in. Tapi harus hati-hati, jika terlalu rapat motor malah tidak ada tenaganya dan klep bisa saja bengkok,” jelas Mei Rully, Kepala Mekanik dealer Honda Mentari Alam Semesta
 
Rantai Kendor
Hayo.. siapa yang sering membiarkan rantai kendor berlama-lama. Ternyata perlakuan ini juga bisa bikin boros BBM. Rantai kendor membuat distribusi tenaga dari mesin ke roda belakang tidak langsung tersalurkan, tapi ada jeda.

“Ketegangan rantai yang ideal adalah 3 cm dari jarak renggang, cara ngeceknya adalah dengan cara menekan kedua rantai dan lepaskan kembali,” wanti Asep.
 
Ban Kempes
Ban memegang peranan penting, tekanan angin ban yang terlalu sedikit atau kempis sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. ”Ban kempes dapat menghambat laju sepeda motor karena otomatis putaran roda menjadi lebih berat dan konsumsi bahan bakarpun akan membengkak,” ungkap Rully yang bengkelnya ada di Jl. Cileduk Raya no.6, Petukangan, Jakarta Selatan.

Setelan Langsam Terlalu Besar
Kadang ada yang sengaja seting langsam besar, harapannya motor enggak gampang mati saat berhenti. Tapi efeknya malah jadi boros. "Suplai bensin terus mengalir berlebihan, walau motor tidak digas. Pasti boros," beber Rully, Kepala Mekanik dealer Honda Mentari Alam Semesta, di Jl. Cileduk Raya no.6, Petukangan , Jakarta Selatan. Langsam yang ideal ada dikisaran 1.300 rpm untuk motor bebek. Sedang matik sekitar 1.500 sampai 1.700 rpm.