DETAIL NEWS

Apa Akibat atau Efek Jika Oli Untuk Motor Manual Dipakai Pada Motor Matic

Date : 28 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 980

Apa Akibat atau Efek Jika Oli Untuk Motor Manual Dipakai Pada Motor Matic

Namun bagi kamu yang memiliki motor manual tentu saja akan berhati-hati dalam memilih oli agar tidak salah pilih.

Bagaimana Cara Membedakan Oli Motor Matic dan Oli Motor Manual?
Tentu saja antara oli motor matic dan juga oli motor manual memiliki perbedaan yang bisa Anda lihat dari kemasan atau botol oli tersebut. Berikut dibawah ini adalah cara membedakan oli motor manual dan oli motor matic.

Melihat Kode Jaso Pada Kemasan Oli Motor
Cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk membedakan oli motor matic dan oli motor manual adalah melihat dari kode Jaso atau Japanese Automotive Standards Association.

Biasanya untuk oli motor matic ini mendapatkan kode JASO MB yang berarti menunjukan terdapat kandungan Molibdenum di dalam oli tersebut. kandungan ini berguna untuk menambahkan tingkat pelumasan pada mesin.

Sedangkan pada oli motor manual ini mendapatkan kode JASO MA yang berarti terdapat kandungan zat aditif berupa senyawa yang berguna untuk menjadikan kopling menjadi presisi. Jika kita menggunakan oli motor matic maka pergesekan gigi transmisi akan menjadi kasar.

Perhatikan Kekentalan Oli Motor
Selain melihat dari kode JASO yang terdapat pada kemasan oli, kita juga bisa membedakan oli motor matic atau manual melalui tingkat kekentalan dari oli motor tersebut.

Untuk oli motor manual biasanya lebih kental dibandingkan dengan oli motor matic. Hal ini karena oli motor manual bekerja untuk membuat kopling menjadi lebih presisi.

Sedangkan untuk oli motor matic ini biasanya akan lebih encer jika dibandingkan dengan oli motor manual. Hal ini karena oli motor matic hanya berguna untuk memberikan perlindungan terhadap mesin motor saja.(federaloil.co.id)



contoh bottom frame
x