DETAIL NEWS

Apa Arti Tulisan JASO Pada Kemasan Oli, Nih Penjelasannya

Date : 15 Agustus 2021 , Post Via : Admin, Views : 416

Apa Arti Tulisan JASO Pada Kemasan Oli, Nih Penjelasannya

Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Mengingat oli sangat penting, pemilik kendaraan harus rutin mengganti oli, supaya mesin tetap awet dan performa mesin juga tetap terjaga.

Oli yang terbaik memiliki spesifikasi dan memenuhi standar kekentalan yang biasanya menggunakan kode tertentu yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan terkini.

Baca Juga: Tips supaya Tetap Aman Saat Naik Ojek Online Di Masa Transisi New Normal

Adapun kode untuk tingkat kekentalan oli atau yang biasa disingkat SAE (Society of Automotive Engineers) menggunakan angka dan huruf, misalnya 10W-30 atau 20W-30 yang juga terdapat pada kemasan Federal Oil.

Angka 10 atau 20 menunjukkan tingkat viskositas atau kekentalan saat mesin masih bekerja di suhu dingin. Huruf W menunjukkan jenis oli ini dapat digunakan di daerah yang memiliki iklim dingin (winter). Angka di belakang menunjukkan tingkat viskositas saat mesin bekerja pada suhu panas.

Selain dengan kode SAE tersebut, pada kemasan Federal Oil juga terdapat tulisan JASO (Japan Automobile Standard Organization), suatu badan organisasi yang bertugas mengeluarkan standar "grading" atau level oli yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli (standar ini dibuat oleh Jepang untuk memenuhi tuntutan teknologi di sepeda motor yang di dalamnya terdapat kopling).

Baca Juga: Fungsi Lampu Lalulintas Yang Harus Kamu Ketahui

JASO MA (gesekan tinggi) Oli yang khusus digunakan pada mesin yang menggunakan gesekan besar seperti kopling basah, ada di type cub dan sport.

Sedangkan untuk JASO MB (gesekan rendah) Khusus untuk mesin dengan gesekan lebih kecil, seperti kopling kering matic.



contoh bottom frame
x